Senin , 24 April 2017
Home / Resep Masakan / Sembilan Jajanan Enak Saat Liburan Ke Semarang
Resep Lumpia Basah
Resep Lumpia Basah

Sembilan Jajanan Enak Saat Liburan Ke Semarang

Edupost.ID- Berlibur ke Semarang akan rugi rasanya bila belum mencicipi aneka jajanan khas dan menggugah selera. Ibu kota Jawa Tengah ini ternyata menyimpan beragam makanan khas yang tidak boleh terlewat dari daftar perjalanan liburan.

Dengan harga yang sesuai kantong pelajar, pelancong kuliner dapat mendapatkan menu yang istimewa.

Berikut Sembilan Jajanan Enak Saat Liburan ke Semarang.

  1. Lumpia

semarang identik dengan lumpia, kuliner Semarang yang paling diburu traveler yang berkunjung ke sana. Biasanya mereka berburu lumpia di sekitar Simpang Lima. Salah satu Lumpia yang terkenal di Semarang adalah Lumpia Mataram yang mempunyai cabang di Jalan Mataram dan Jalan Kedungmundu Raya No. 16 Semarang.

Lumpia tersebut adalah perpaduan rasa antara Tionghoa dan Indonesia, tambahan acar asam membuat jajanan ini tidak pernah terlupakan.

  1. Tahu Pong

Tahu pong merupakan jajanan khas Semarang, berbahan dasar tahu yang digoreng garing. Nama pong, menandakan bahwa tahu ini tidak berisi atau kosong atau kopong. Dengan ditambahkan petid udang yang encer, rasanya sungguh membuat ketagihan. Tahu pong banyak tersedia di  Jl Gajah Mada, berseberangan dengan Gereja Bethel.

  1. Wingko Babat

Wingko babat ialah jajanan yang terbuat dari ulenan beras ketan dan kelapa yang dibakar. Rasanya pun beragam mulai, seperti durian, cokelat, nangka, hingga kelapa muda. Biasanya, banyak wisatawan yang membeli makanan ini dalam jumlah puluhan untuk oleh-oleh. Wingko babat biasa di jual di kawasan simpang lima.

  1. Kue Leker Paimo

Camilan khas Semarang favorit anak muda, Kue Leker Paimo. Leker berasal dari bahasa belanda yang artinya “enak”. Kue yang dijajakan di kaki lima ini bentuknya menyerupai martabak,  namun ukurannya lebih kecil dan juga lebih tipis dan tersedia dengan banyak varian rasa. Kue lekker terkenal di Semarang sejak 1978, saat ini  dijual di depan SMU Kolose Loyola di Jl Karanganyar No 37, Semarang Tengah.

  1. Es Conglik

Hampir serupa dengan es campur, di Semarang es congklik merupakan jenis minuman yang memiliki cita rasa yang segar dan dijamin tanpa bahan pengawet. Beberapa rasa yang dapat dicoba seperti, leci, kacang ijo, alpukat, kopyor, coklat. Jajanan ini daat ditemui di Simpang Lima.

  1. Pisang Plenet

Pisang plenet merupakan pisang kepok yang dibakar di atas arang, kemudian ditekan dengan papan kecil sehingga bentuknya menjadi pipih. Sayangnya jajanan khas Semarang yang enak ini sudah jarang ditemukan. Pisang plenet yang dijual di gerobak-gerobak memiliki berbagai pilihan rasa, antara lain keju, coklat, atau nanas. Ada juga yang hanya ditaburi gula halus. Pisang plenet bisa dijumpai di Jalan Pemuda dekat Gedung Lawang Sewu dan pusat jajajan toko Sri Ratu.

  1. Gandos

Gandos adalah jajanan yang terbuat dari adonan tepung beras dicampur santan kelapa ditambah garam secukupnya. Gandos dibuat di dalam cetakan loyang dengan api panas di bawahnya. Rasanya pun cukup manis dan gurih. Gandos ini sangat cocok disantap ketika masih dalam keadaan hangat.

  1. Roti Ganjel Rel

Roti ganjel rel, mirip dengan roti gambang. Teksturnya padat dan agak alot. Dinamakan roti ganjel rel karena bentuknya yang mirip dengan bantalan rel kereta api. Roti ganjel rel merupakan sajian wajib dalam acara pawai sebelum bulan puasa. Terdapat toko yang menyediakan roti ini untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh. Atau mampir ke Lodoyong Jl. Jenderal Sudirman ,Ambarawa.

  1. Tahu Gimbal

Tahu gimbal adalah makanan enak di Semarang yang terdiri tahu goreng, gimbal, tempe, irisan kol dan disiram dengan sambal kacang. Gimbal adalah udang yang digoreng dengan tepung. Gimbal ini rasanya gurih, manis, dan juga pedas. Tempat makan di Semarang yang menjajakan Tahu Gimbal dapat Anda jumpai di kawasan Simpang Lima. (Inan)

Check Also

Lima Wisata Air di DIY ini Menarik Dikunjungi Saat Liburan

Lima Wisata Air di DIY ini Menarik Dikunjungi Saat Liburan

Edupost.ID – Liburan sekolah yang juga bertepatan dengan liburan tahun baru dapat menjadi ajang berkumpul …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *