Kamis , 14 Desember 2017
Home / Resep Masakan / Tips Anti Gagal Membuat Kue Kering
Tips-Anti-Gagal-Membuat-Kue-Kering
Kue Kering. (Foto: shutupandtakemyyen)

Tips Anti Gagal Membuat Kue Kering

Edupost.id – Ada banyak faktor penyebab kegagalan kue kering. Diantaranya, salah memilih bahan, tidak tepat dalam menimbang bahan, metode pembuatan yang salah, atau suhu oven tidak sesuai. Berikut enam tips antigagal membuat kue kering seperti yang disampaikan R.Adie Wibowo dalam buku “Kue Kering Terfavorit”.

1. Gunakan Tepung terigu rendah protein (soft wheat)

Sifat gluten di dalam kue kering adalah mengikat adonan, semakin banyak gluten maka semakin liat adonan yang dihasilkan. Sifat tepung terigu rendah protein akan menghasilkan kue kering yang renyah.

2. Jemur dan ayak tepung sebelum dipakai

Hal ini ntuk membuat kue kering agar jadi lebih renyah. Tingkat kelembapan dan kandungan air di dalam tepung juga akan mempengaruhi kerenyahan kue.

Baca Juga: Resep Puding 1001 Malam yang Nikmat

3. Campur dan ayak bahan kering

Bahan kering seperti tepung, susu, cokelat bubuk, baking powder dan gula halus dicampur dan diayak. Hal ini bertujuan agar kotoran tersating dan adonan menjadi tercampur dengan sempurna.

4. Jangan ganti ukuran resep

Kecuali anda tahu persis fungsi bahan di dalam adonan. Jika tidak, resikonya kue akan gagal.

5. Gunakan gula halus

Jenis gula ini lebih mudah tercampur dengan bahan-bahan lain. Penggunaan gula pasir akan menghasilkan kue berpori-pori kasar dan keras. Gunakan gula sesuai ukuran resep, karena kelebihan gula akan menyebabkan kue cepat menjadi gosong. Sebaliknya, jika jumlah gula terlalu sedikit maka warna kue akan lebih pucat, lebih lama matang dan aroma kue kurang harum.

6. Pakai loyang berwarna terang

Loyang yang bisa memantulkan panas sehingga menghasilkan panas yang sesuai untuk memanggang kue kering. Loyang berwarna gelap seperti warna hitam akan menyerap panas, akibatnya kue cepat gosong tapi mentah di bagian tengahnya.

Check Also

Resep ayam goreng kremes

Resep Ayam Goreng Kremes yang Praktis dan Lezat

Edupost.id – Hidangan ayam goreng masih menjadi menu favorit keluarga, terlebih jika disajikan bersama sambal. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *