Sabtu , 24 Juni 2017
Home / Sainstek / 10 Fakta Menarik dari Dunia Sains yang Belum Banyak Diketahui
Udang mantis
Udang mantis dapat menggunakan cakar lapis baja mereka untuk menyerang dengan kecepatan 74 kaki per detik (23 m/s). foto : livescience/carlospuma

10 Fakta Menarik dari Dunia Sains yang Belum Banyak Diketahui

Edupost.ID – Mungkin kamu sering bertanya-tanya apakah kerang memiliki mata dan apa warnanya. Atau kenapa kecoa Madagaskar dapat mendesis. Berikut adalah fakta-fakta menarik dari dunia sains yang belum banyak diketahui, seperti dilansir livescience.

  1. Kerang memiliki 100 mata sederhana, sering kali berwarna biru.
  2. Unta bisa menurunkan kira-kira 30 galon (113 liter) air hanya dalam 13 menit. Ia menyimpan air dalam peredaran darahnya.
  3. Prosopagnosia adalah gangguan di mana orang berjuang untuk mengenali wajah. Manusia memiliki area otak yang disebut gyrus fusiform yang berfungsi khusus dalam mengenali wajah. Ketika terjadi luka pada gyrus fusiform dapat membuat orang tidak dapat mengenali bahkan orang yang dicintainya.
  4. Udang mantis dapat menggunakan cakar lapis baja mereka untuk menyerang dengan kecepatan 74 kaki per detik (23 m/s), dapat memberikan pukulan 200 pound (91 kg) dari kekuatan di belakang mereka. Krustasea ini memiliki panjang hanya sekitar 4 inci (10 cm).
  5. Tubuh manusia dipenuhi bakteri. Tubuh manusia penuh dengan bakteri yang baik. Pada ASI terdapat hingga 700 spesies bakteri.
  6. Mengapa kecoa Madagaskar dapat mendesis? Sehingga ia disebut sebagai kecoa mendesis. Serangga ini mengeluarkan gas melalui pori-pori pernapasan kecil yang disebut spirakel pada toraks dan abdomen. Kecoak mendesis ketika terkejut, ketika menantang kecoa lainnya untuk berkelahi dan ketika mencoba untuk menarik pasangannya.
  7. Kuda laut tidak memiliki perut, hanya usus untuk penyerapan nutrisi dari makanan. Makanan melewati sistem pencernaan mereka dengan cepat, sehingga mereka memakan plankton dan kecil krustasea hampir terus-menerus.
  8. Seseorang yang memiliki berat 150 pounds (68 kg) di planet bumi, hanya memiliki berat 25 pound (11 kg) di bulan. Bulan memiliki gravitasi yang jauh lebih rendah, karena bulan hanya 1 persen massa bumi.
  9. Kerangka dewasa memiliki 206 tulang. Yang terkecil adalah stapes atau stirrup, terletak paling dalam dari tiga tulang di telinga tengah, femur (tulang paha) adalah yang terpanjang dan terkuat, dan tibia di kaki bagian bawah adalah yang terbesar kedua dari kerangka manusia.
  10. Beludru perut ikan hiu lentera dilengkapi dengan duri yang bercahaya. Ini mungkin terlihat seperti peringatan untuk para predator ketika mereka akan menggigit.

(Iyes)

 

Check Also

U-Torc, Pembalut Ramah Lingkungan Inovasi IPB

U-Torc, Pembalut Ramah Lingkungan Inovasi IPB

Edupost.id – Pembalut sebagai barang ekonomi merupakan benda yang permintaannya selalu kontinyu dari waktu ke …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *