Senin , 21 Agustus 2017
Home / Sainstek / Ada Gunung Es Serba biru di Alaska, Menyerupai ‘Sarang’ Superman
Gunung es biru di Alaska. foto : dok. theoutbond

Ada Gunung Es Serba biru di Alaska, Menyerupai ‘Sarang’ Superman

Edupost.ID – Sebuah gunung es di Alaska pasti membuat anda takjub. Sebuah pemandangan indah terbentang di pegunungan daerah memasuki Mendenhall. Sepanjang mata memandang hanya warna biru yang mendominasi gua berdinding es tersebut. Jika diamati hampir terlihat seperti ‘sarang’ Superman, berkilau dengan cahaya biru.

Dengan luas 1.500 mil persegi, Alaska Juneau Ice Field adalah gunung es terbesar ketujuh di belahan bumi barat. Hujan salju tahunan sering melebihi 100ft, dan dingin. Dataran tinggi membuat sebagian besar salju turun dan mencair selama musim panas. Pada tahun kunjungan Juni 2013 lalu, suhu mencapai 90F dan selama seminggu lebih tinggi dari itu, luar biasa panas untuk pesisir Alaska.

Setelah memasuki tempat tersebut, tidak diduga ternyata menemukan dunia biru. Air adalah kekuatan terbesar di balik pembentukan gua gletser ini.

Sebuah gua gletser berbeda dengan gua es. Gua es terdiri dari batuan padat, dinding yang terisolasi memungkinkan timbunan es sepanjang tahun. Sebuah gua gletser, sebaliknya. Akibatnya, sebuah gua gletser terbentuk jauh lebih singkat daripada gua es, bentuk dan ukuran dari bulan ke bulan akan berubah. Keragaman ini menghasilkan lanskap yang selalu berubah bentuk dan warnanya.

Karena gletser adalah badan es yang bergerak menurun di bawah berat gravitasi, ceruk es terus membuka dan menutup dengan perubahan kondisi. (BBC)

Check Also

Telur itik kaya Antioksidan dan Omega 3

Telur Itik Inovasi IPB Ini Kaya Antioksidan dan Omega 3

Edupost.id – Tiga peneliti Institut Pertanian Bogor (Fapet IPB), Sumiati, Widya Hermana dan Arif Darmawan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *