Senin , 26 Juni 2017
Home / Sainstek / Alasan Mengapa Mata Kucing Bersinar dalam Gelap
Kucing
Kucing (pixabay doc)

Alasan Mengapa Mata Kucing Bersinar dalam Gelap

Edupost.id – Kucing adalah salah satu hewan yang memiliki keunikan tersendiri. Bagaimana tidak, di lingkungan yang gelap, mata hewan ini justru bersinar. Kucing memiliki kemampuan khusus agar dapat melakukan aktivitas saat kondisi minim cahaya dengan penglihatan yang sangat baik. Lalu, apa sebenarnya yang terjadi pada mata kucing? mengapa mata kucing bisa bersinar saat malam hari?

Situs Funsciencehub melaporkan, kucing adalah makhluk yang sering keluar dalam gelap. Ini berarti, mereka harus dapat melihat dalam gelap seperti kebanyakan hewan lain yang ‘berkeliaran malam’, agar tetap dapat beraktivitas.

Mata mereka mengandung zat yang disebut tapetum lucidum. Hal ini diposisikan di belakang retina mata, dan sebenarnya lapisan jaringan. Kata tapetum lucidum sebenarnya berasal dari bahasa Latin yang berarti “permadani terang”.

Pada manusia, sel-sel retina benar-benar diaktifkan oleh kehadiran cahaya. Hasilnya, dalam ketiadaan cahaya, mata manusia tidak berfungsi dengan baik untuk melihat, meski itu tidak berarti bahwa mata benar – benar tidak dapat melihat.

Sekarang, dalam kasus hewan seperti kucing, lapisan tapetum lucidum bekerja dengan merangsang sel-sel retina peka cahaya dengan sedikit cahaya eksternal. Cahaya minim ini tercermin oleh Tapetim Lucidum kembali ke retina untuk merangsang itu. Inilah sebabnya, mata kucing bersinar. Stimulasi yang mereka berikan membuat sel-sel retina menerima bahkan dalam situasi cahaya rendah, memungkinkan kucing untuk melihat. (Andi)

Check Also

kucing tuntun pulang pendaki tersesat di swiss

Delapan Alasan Menarik Pelihara Kucing

Edupost.ID- Kucing merupakan salah satu hewan peliharaan yang paling banyak dipilih menjadi sahabat di rumah. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *