Jumat , 21 Juli 2017
Home / Sainstek / Aplikasi SLiMS Bantu Masyarakat Gemar Membaca
Aplikasi-SLiMS-Bantu-Masyarakat-Gemar-Membaca
Aplikasi SLiMS. (Foto: blogspot)

Aplikasi SLiMS Bantu Masyarakat Gemar Membaca

Edupost.id – Aplikasi Senayan Library Management System (SLiMS) membantu masyarakat di Indonesia untuk gemar membaca. Aplikasi yang sudah diluncurkan sejak 2007 lalu sampai saat ini terus dikembangkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud). Aplikasi SLiMS merupakan perangkat lunak sistem manajemen perpustakaan yang berfungsi sebagai pengelolaan perpustakaan terintegrasi.

“Perpustakan merupakan urat nadi dan jantung bagi negara yang maju. Oleh sebab itu kita harus lebih membuka diri mengikuti perkembangan zaman, khususnya dalam bidang teknologi informasi,” ujar Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Masyarakat (BKLM) Kemdikbud, Asianto Sinambela dalam siaran pers.

Asianto mengatakan, Aplikasi SLiMS dibangun untuk membangun kerjasama berjejaring antar perpustakaan di Indonesia. SLiMS membantu untuk memberikan informasi mengenai koleksi-koleksi buku yang ada di perpustakaan, dan membantu masyarakat untuk gemar membaca di perpustakaan.

“Dengan adanya workshop SLiMS dalam upaya pengembangannya, diharapkan dapat menjadikan perpustakaan sebagai tempat menambah pengetahuan dan informasi pendidikan, serta menjadikan aplikasi SLiMS suatu jaringan yang terkoneksi dengan perpustakaan se-Indonesia, sehingga dapat terwujud masyarakat Indonesia gemar membaca,” tutur Asianto

Sistem aplikasi SLiMS, lanjutnya, pada layar pertama terdapat pengenalan tentang aplikasi SLiMS. Kemudian para pengguna diberikan arahan dalam penerapan penggunaan aplikasi, serta pengenalan berbagai fitur SLiMS, mulai dari aktifitas manajemen koleksi, keanggotaan, penelusuran katalog (online public access catalog), manajemen terbitan berkala, dan lainnya. (Kemdikbud/Nisa)

Check Also

Pertemun ke-6 South East Asia Network for Animal Science (SEANAS) pada 20-22 Juli 2017, Hanoi, Vietnam

Fapet UGM Tingkatkan Kurikulum Menjadi Level Dunia

Hanoi (21/7) – Fakultas Peternakan (Fapet) Universitas Gadjah Mada (UGM) tengah berupaya untuk meningkatkan kurikulum …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *