Selasa , 24 Oktober 2017
Home / Sainstek / Brain Gym, Alat Bantu Pembelajaran yang Efektif
Brain Gym-Alat-Bantu-Pembelajaran-yang-Efektif
Ilustrasi : Siswa Melakukan Gerakan Brain Gym. (Foto: praxis-afanyibo)

Brain Gym, Alat Bantu Pembelajaran yang Efektif

Edupost.id – Brain Gym merupakan hasil kerja dari Paul E. Dennison dan Gail E. Dennison. Seperti yang ditulis Adi W. Gunawan dalam buku Genius Learning Strategy, Brain Gym merupakan alat bantu pembelajaran yang sangat efektif. Brain Gym juga dapat membantu dalam meningkatkan kemampuan otak.

Dr. Denisson mendasari penemuannya pada pengertian bahwa terdapat keterkaitan yang sangat erat antara perkembangan tubuh, penguasaan bahasa, dan prestasi akademik. Ia dan istrinya lalu mengembangkan gerakan yang diberi nama Brain Gym. Brain gym sangat baik dilakukan pada awal proses pembelajaran, terlebih lagi jika menggunakan musik yang riang dan gembira.

Brain Gym merupakan serangkaian gerakan tubuh yang sederhana untuk memadukans emua otak untuk meningkatkan kemampuan belajar. selain itu juga dapat membantu membangun harga diri dan ras kebersamaan. Gerakan tubuh tersebut dapat dilakukan siapa saja dan efeknya langsung terlihat.

Paul dan istrinya, membagi otak ke dalam tiga fungsi. Pertama, Dimensi Lateral, dimana koordinasi antara hemisfir kiri dan kana dari otak untuk bisa berkomunikasi dengan efektif. Kedua, Dimensi Pemusatan dimana koordinasi antara bagian atas dan bawah dari otak untuk pengaturan proses berpikir dan tindakan. Ketiga, Dimensi Fokus, dimana koordinasi antara batang otak dan pre-frontal cortex untuk tujuan pemahaman dan perspektif.

Brain Gym membuat ketiga dimensi tersebt dapat menyatu dan terintegritas secar menyeluruh. Hal ini akan mengakibatkan peningkatan prestasi yang signifikan. “Jadi, Ayo bersiap untuk belajar sambil bergerak dan bergerak sambil belajar,”  tulis kutipan Paul Dennison. (Nisa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *