Kamis , 18 Januari 2018
Home / Sainstek / Bukan Dongeng, 5 Monster Laut Paling Aneh yang Ditemukan Tahun Ini
Ubur-Ubur Kosmik Mirip UFO
Ubur-Ubur Kosmik Mirip UFO

Bukan Dongeng, 5 Monster Laut Paling Aneh yang Ditemukan Tahun Ini

Edupost.id – Para ilmuan di sepanjang tahun 2017 berhasil menemukan beragam makhluk laut aneh, yang pantas disebut monster laut. Dikutip dari Live Science, Senin (25/12), berikut 5 monster laut yang ditemukan ilmuwan sepanjang 2017.

1. Hiu Hantu


Periset di Pacific Shark Research Center di Moss Landing Marine Laboratories, California, telah menemukan spesies hiu hantu di dekat Afrika Selatan pada Januari 2017. Makhluk yang memiliki panjang satu meter itu adalah spesies hiu hantu terbesar kedua yang pernah ditemukan. Spesies dengan nama latin Hydrolagus erithacus itu menggerakkan tubuhnya dengan sirip dadanya yang besar.

2. Ubur-Ubur Kosmik Mirip UFO


National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA) menggunakan kendaraan bawah laut berhasil menemukan ubur-ubur kosmik di kedalaman 3.000 meter di wilayah terpecil di Samudra Pasifik dekat Samoa. Invertebrata itu dijuluki ubur-ubur kosmik karena terlihat seperti UFO dan kemungkinan merupakan spesies ubur-ubur baru.

3. Cacing Langka Raksasa


Kuphus polythamia, cacing langka yang telah ratusan tahun hilang akhirnya ditemukan pada April 2017 di sebuah teluk dangkal di Filipina. Cacing itu dapat berukuran 1 hingga 1,5 meter dan dilindungi cangkang yang mirip dengan tanduk gajah.

4. Predator di Laut Dalam


Hewan dengan nama latin Bathysaurus ferox tak sengaja ditemukan para ilmuwan yang sedang berlayar di kapal penelitian di dekat Australia Timur. Hewan yang berwajah mirip kadal, bertubuh serupa belut ini merupakan predator yang tinggal di kedalaman 1..000 – 2.500 meter.

Hewan ini biasa mengubur dirinya di dasar laut sampi menunggu mangsa. Ia baru akan keluar dari tempat persembunyiannya untuk merobek mangsanya dengan rahangnya yang kuat.

5. Makhluk Bercahaya


Sebuah makhluk transparan raksasa yang berpendar sempat diabadikan oleh penyelam di lepas pantai Australia pada September 2017. Seorang ahli biologi ubur-ubur di Woods Hole Oceanographic di in Massachusetts, Rebecca Helm, mengungkapkan, gumpalan itu sebenarnya adalah ribuan telur kecil yang dikeluarkan oleh sejenis cumi-cumi.

Cumi-cumi berlian dapat tumbuh hingga 91 meter dengan bobot 66 kilogram. Makhluk tersebut dapat mengeluarkan telur mulai dari 24.100 hingga 43.800 buah, di mana semuanya terbungkus tabung jeli berwarna merah muda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *