Senin , 11 Desember 2017
Home / Sainstek / Delapan Alasan Menarik Pelihara Kucing
kucing tuntun pulang pendaki tersesat di swiss
Kucing tuntun pulang pendaki tersesat di Swiss (foto: livewithcat)

Delapan Alasan Menarik Pelihara Kucing

Edupost.ID- Kucing merupakan salah satu hewan peliharaan yang paling banyak dipilih menjadi sahabat di rumah. Selain karena tingkahnya yang menggemaskan, bulu yang dimiliki juga lembut dan nyaman untuk di elus. Banyak orang yang mengetahui memelihara kucing memiliki manfaat positif bagi kesehatan manusia, seperti dikutip laman Boldsky berikut delapan alasan memelihara kucing.

  1. membantu anak penderita autisme

Para peneliti dari University of Missouri menemukan anak autisme yang berinteraksi dengan hewan peliharaan kemampuannya berinteraksinya meningkat signifikan. Salah satu hewan peliharaannya adalah kucing. “Bagi anak dengan autisme melakukan interaksi sosial merupakan hal sulit. Namun dalam studi ini menunjukkan kemampuan anak-anak ini meningkat ketika hidup dengan hewan peliharaan,” terang peneliti Research Center for Human Animal Interaction, Gretchen Carlisle.

  1. Menurunkan risiko alergi

Ternyata kucing dapat menghilangkan alergi terhadap debu, dengan kehadiran hewan peliharaan di rumah akan membuat anak terbiasa dengan hal yang tak terlalu bersih sehingga membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

  1. Dengkuran kucing bantu atasi sakit tulang, tendon, dan otot

Dengkuran kucing saat tidur tak hanya menunjukkan mereka senang tapi juga terkait kemampuan therapeutic di tulang dan otot manusia. Ternyata hal ini terkait dengan frekuensi getaran mendengkur 20-140 HZ.

  1. Meyehatkan Mental

Melihat tingkah kucing memang sangat menggemaskan dan hal ini berdampak pada kesehatan mentalnya. Sekitar 76 persen orang dalam survei yang dilakukan Cats Pretection mengatakan stres mereka berkurang gara-gara berinteraksi dengan kucing.

  1. Menurunkan risiko penyakit jantung

Sama seperti memelihara anjing, memiliki kucing dapat menurunkan tingkat stres. Hal ini berdampak menurunkan risiko kardiovaskular. Lalu studi dari Journal of vascular and Interventional Neurology menemukan bahwa orang yang memelihara kucing menurunkan risiko terkena penyakit jantung salah satunya stroke.

  1. . Risiko anak terkena penyakit pernapasan menurun

Ternyata memelihara kucing mampu membantu anak melawan infeksi. Dalam studi ini dilibatkan kucing dan anjing kontak dengan anak di usia pertama kehidupannya. Hal inilah yang meningkatkan sistem imun tubuh termasuk melawan penyakit pernapasan.

  1. Bawa energi positif

Beberapa reaksi yang sering muncul adalah tertawa akan tingkah hewan berbulu lebat ini. Dan ternyata studi dari Indiana University Bloomington sebutkan, hanya dengan menonton video kucing bisa membawa energi dan emosi positif serta menurunkan perasaan negatif.

  1. Menambah rasa penyayang hewan

Jika memiliki satu jenis hewan peliharaan dan berhasil mengurusnya, maka tidak ada salahnya untuk memberikan teman baru untuk hewan peliharaan. Memelihara kucing, dapat membuat pemiliknya nyaman untuk bergaul dengan hewan lainnya. (Inan)

Check Also

Kucing

Alasan Mengapa Mata Kucing Bersinar dalam Gelap

Edupost.id – Kucing adalah salah satu hewan yang memiliki keunikan tersendiri. Bagaimana tidak, di lingkungan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *