Rabu , 18 Oktober 2017
Home / Sainstek / Di Jepang Ada Robot Bisa Pingsan saat Cium Bau Kaki
Robot Hana-Chan yang Pingsan saat Cium Bau Kaki
Robot Hana-Chan yang Pingsan saat Cium Bau Kaki

Di Jepang Ada Robot Bisa Pingsan saat Cium Bau Kaki

Edupost.id – Baru-baru ini ilmuan Jepang membuat robot berbentuk anjing menggemaskan yang bisa mencium bau. Seekor anjing robot bernama Hana-Chan terbukti bisa mengendus bau yang menyengat menggunakan sensor kuat yang tertanam di hidungnya. Uniknya, robot ini bisa pingsan saat mencium bau kaki yang busuk.

Laman myjoyonline.com melaporkan, robot anjing imut ini bereaksi dalam tiga cara yang berbeda ketika “mencium” bau. Jika sensornya tidak mendeteksi bau busuk, Hana-chan dengan senang hati akan mengibaskan ekornya. Jika ia mendeteksi bau yang agak buruk, ia menyalak dengan cemas. Namun, saat mencium bau busuk ia akan jatuh seperti pingsan.

Hana-chan telah melakukan pengembangan di Institut Teknologi Kitakyushu Nasional, di Kyushu, setidaknya selama dua tahun, dengan video prototipe YouTube yang berasal dari tahun 2015. Sekarang perusahaan Next Technology, siap untuk meluncurkan versi komersial dari robot yang pencium bau kaki ini.

Menurut peneliti di NextTechnology, ide untuk Hana-chan terinspirasi oleh seseorang yang sangat ingin tahu apakah kakinya berbau.

“Dia mengatakan kepada kami bahwa putrinya telah mengatakan bahwa kakinya bau, tapi dia tidak ingin tahu seberapa buruk bau itu karena dia akan merasa sakit hati. Karena itulah kami mengembangkan robot imut ini,” kata Kimika Tsuji dari NextTechnology.

Dinamai sesuai dengan kata Jepang untuk ‘hidung’, robot robot 15 cm memiliki sensor khusus untuk hidung, dan dapat memberi tahu Anda apakah bau kaki Anda hanya dengan mengendusnya selama beberapa detik.

Bau kaki adalah masalah besar di Jepang, di mana kebiasaan orang melepas sepatu setiap kali memasuki rumah seseorang. Sebenarnya, menundukkan orang lain dengan bau tubuh yang busuk bahkan bisa dianggap sebagai pelecehan di Jepang, jadi tidak mengherankan jika beberapa pemikiran paling cemerlang di industri teknologi negara telah mendedikasikan talenta mereka untuk mengatasi masalah ini.

Anda mungkin bisa membuat Hana-chan pingsan dengan kaki bau Anda, tapi bisa memberi efek yang sama pada orang-orang yang mengetahui harga jual robot ini. NextTechnology berencana untuk mulai menjual robot ini seharga ¥ 100.000 atau $ 9,280. (Andi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *