Jumat , 26 Mei 2017
Home / Sainstek / Eksperimen 5G Akan Dilakukan di Korea Selatan Tahun 2018

Eksperimen 5G Akan Dilakukan di Korea Selatan Tahun 2018

Edupost.ID – Setelah lima tahun jaringan 4G berkembang pesat, kini industri jaringan mulai mempersiapkan 5G. Seperti yang dilansir dari CNN, sejumlah perusahaan teknologi akan memulai eksperimen 5G di Korea Selatan tahun 2018.

Huruf G dalam 3G, 4G dan 5G mengacu kepada generasi. Jadi 5G akan menjadi generasi selanjutnya dalam jaringan teknologi wifi. Menurut Bill Smith, President AT&T’s, 5G baru akan melakukan eksperimen sekitar tahun 2018 dan akan menjadi standar dari International Telecommunication Union pada tahun 2019.

Jaringan 5G akan lebih cepat 40 kali dari 4G. Kecepatan ini akan cukup untuk streaming video dengan ukuran 8Gb dan mendownload film berkualitas 3-D hanya dengan 6 detik. Sedangkan jaringan 4G membutuhkan waktu sekitar 6 menit.

Perusahaan teknologi terkemuka, Nokia (NOK) percaya bahwa kemampuan 5G ini akan membuat dunia menjadi lebih hidup. Dengan kecepatan yang mencapai 100 Mb per detik membuat teknologi 5G lebih baik dari 4G.

Banyak dari perusahaan wifi yang akan mengususng teknologi 5G menempatkan frekuensinya sampai 73,000 MHz. Saat ini jaringan telepon hanya  sekitar 700-3,500 MHz. Keuntungan lain dari jaringan yang lebih tinggi ini yaitu akan membuat data lebih cepat diproses.

Namun ada  juga kekurangan dari jaringan 5G ini yang perlu diperhatikan. Seperti tidak semua lokasi akan mendapatkan jaringan 5G sehingga para perusahaan teknologi harus menempatkan menara-menara jaringan di berbagai lokasi di berbagai belahan dunia agar seluruh dunia sampai ke pelosok mampu merasakan kemampuan dari jaringan 5G ini. (Nisa)

Check Also

UGM Buka Ajang Bisnis Pemuda ASEAN, AYSPP 2017

UGM Buka AYSPP, Ajang Bisnis Pemuda ASEAN

Edupost.id – Kompetisi bertaraf internasional, ASEAN Youth Socialprenuership Program (AYSPP) yang digelar Universitas Gadjah Mada (UGM) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *