Jumat , 31 Maret 2017
Home / Sainstek / Empat Ciri Smartphone Android Terkena Malware
smartphone android
Smartphone android

Empat Ciri Smartphone Android Terkena Malware

Edupost.id, – Hampir semua orang memiliki smartphone android. Semua jenis smartphone juga dihadirkan dalam berbagai aplikasi yang menarik. Namun, terkadang anda tidak memperhatikan jika smartphone sedang diserang virus berbahaya yaitu malware. Seperti yang dilansir dari Erafone, ada empat ciri smartphone anda terkena malware dan ada tiga cara mencegah dan mengatasinya.

  1. Kuota internet mendadak boros

Pertanda pertama Malware menyerang yaitu tiba-tiba kuota smartphone anda habis. Hal ini harus diperhatikan karena jika anda tidak mengeceknya secara berkala, pengeluaran uang pulsa anda selama sebulan akan melebihi batas maksimum.

  1. Layar di smartphone didominasi iklan

Anda perlu curiga jika banyak iklan yang muncul di layar smartphone. Iklan bisa berupa permainan, aplikasi dan lainnya. Jika banyak iklan yang muncul secara tidak wajar, bisa jadi smartphone anda terkena malware.

  1. Aplikasi terinstal sendiri

Jika mendadak ada aplikasi yang tidak anda ketahui, bisa jadi aplikasi itu terinstan sendiri. Aplikasi yang terinstal sendiri merupaan salah satu ciri smartphone anda sedang tidak sehat.

  1. Muncul folder asing

Folder yang tiba-tiba muncul pada komputer bisa jadi karena ada malware yang menyerang. Hal ini juga terjadi dengan smartphone android anda.

Namun, tidak perlu khawatir jika smartphone android anda terkena malware. Ada tiga cara mencegah dan mengatasi malware di smartphone android anda. Pertama, gunakan aplikasi anti virus atau anti malware. Instal aplikasi itu di smartphone android anda. Pilihlah aplikasi yang terpercaya dapat mengatasi malware.

Kedua, jangan sembarangan mengunduh aplikasi dari sembarangan tempat. Unduhlah aplikasi dari sumber terpercaya atau dari Google Play Store. Ketiga, reset smartphone android anda. Lakukan hal ini jika smartphone android anda sudah terkena virus yang berbahaya. Cara ini merupakan pilihan terakhir untuk membersihkan smartphone android anda.  (Nisa)

Check Also

lomba karya tulis internasional

Lomba Karya Tulis Internasional bagi Anak-anak dan Remaja

Edupost.id – Lomba Karya Tulis Internasional bagi Anak-anak dan Remaja ini diadakan oleh Departemen Pengembangan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *