Selasa , 23 Mei 2017
Home / Sainstek / Enam Cara Efektif Atasi Flu Singapura
Flu singapura
Flu singapura

Enam Cara Efektif Atasi Flu Singapura

Edupost.ID – Flu Singapura atau HFMD (Hand, Foot, Mouth Disease atau Tangan, Kaki, dan Penyakit Mulut) sangat menular. Penyakit ini dapat menginfeksi bayi, remaja, dan dewasa. Namun, ada langkah yang dapat diambil ketika sudah terinfeksi virus kelompok enterovirus. Seperti yang dilansir dari Sains-Gadget, ada enam cara mengatasi Flu Singapura.

1. Mengisolasi pasien
Jauhkan pasien penderita flu singapura dari bayi, remaja atau orang dewasa yang sistem kekebalan tubuhnya sedang lemah. Bukan berarti anda mengasingkan pasien, tapi mereka harus dijaga agar virusnya tidak sampai menular ke orang lain.

2. Istirahat yang cukup
Jagalah agar pasien penderita flu singapura dapat beristirahat dengan cukup. Istirahat yang cukup, akan membantu sistem kekebalan tubuh kembali kuat. Jangan biarkan mereka untuk tidur terlalu malam atau begadang. Hal itu dapat menambah parah flu yang dideritanya.

3. Pastikan tidak dehidrasi
Asupan cairan yang cukup sangat perlu untuk mencegah dehidrasi. Berikan air mineral setidaknya 2 liter per hari agar menjaga kualitas cairan di tubuh. Jika pasien kekurangan cairan, sistem kekebalan tubuh akan sulit menjadi kuat dan penyakit sukar disembuhkan.

4. Jaga nutrisi
Memberikan nutrisi yang sehat serta gizi seimbang akan membantu sistem kekebalan tubuh menjadi kuat. Berikanlah vitamin, mineral, dan protein di dalam sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, dan lainnya dengan cukup. Pastikan juga pasien untuk meminum vitamin atau meminum susu UHT.

5. Berikan obat simtomatik
Obat ini bertujuan untuk mengurangi gejala demam dan sakit mulut. Jika gejala sudah membaik dan hilang, maka hentikan penggunaan obat Simtomatik. Namun, jika gejala bertambah parah, maka sebaiknya anda berkonsultasi dengan dokter.

6. Jangan biarkan pasien pergi sekolah atau kerja
Berikan pengertian kepada pasien agar tidak masuk ke sekolah atau kerja dulu setelah ruam muncul. Hal ini bertujuan agar virus tidak menyebar. Mintalah surat sakit di dokter selama tujuh-sepuluh hari. Kemudian titipkan surat itu kepada orangtua, atau teman kantor. (Nisa)

Check Also

UGM Buka Ajang Bisnis Pemuda ASEAN, AYSPP 2017

UGM Buka AYSPP, Ajang Bisnis Pemuda ASEAN

Edupost.id – Kompetisi bertaraf internasional, ASEAN Youth Socialprenuership Program (AYSPP) yang digelar Universitas Gadjah Mada (UGM) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *