Minggu , 26 Maret 2017
Home / Sainstek / Enam Hewan dengan Usia Terpanjang di Dunia
Kura-kura Galapagos, hewan usia terpanjang di dunia
Kura-kura Galapagos, hewan dengan usia terpanjang di dunia (foto: dailynewsdig)

Enam Hewan dengan Usia Terpanjang di Dunia

Edupost.id – Tak banyak hewan di dunia ini yang memiliki usia lebih lama dibanding usia rata-rata manusia. Faktor penyakit, pemangsa, cuaca buruk, ataupun kerusakan habitat turut menyebabkan kematian hewan. Namun, ternyata ada beberapa hewan yang berumur panjang bahkan hingga ratusan tahun. Berikut ini enam daftar hewan yang memiliki usia terpanjang, seperti yang dilansir Animalkind.

1. Gajah Afrika

Hewan besar ini mampu bertahan hidup hingga 70 tahun. Baru-baru ini Sekolah Zimbabuen telah menemukan gajah perempuan Afrika yang masih sehat meski berusia puluhan tahun.

2. Kura-kura Raksasa galapus

Spesies kura-kura terbesar ini mampu bertahan hidup hingga usia seratus sampai 152 tahun. Spesies kura-kura Galapus ini masih bertahan hingga usianya 100 tahun. Mereka hidup di sebuah pulau lepas di pantai Ekuador dengan flora dan faunanya yang unik. Spesies kura-kura ini diketahui sebagai hewan yang telah menginspirasi teori Charles Darwin tentang Evolusi.

3. Hiu di Greendland

Hiu ini hidup lebih jauh ke utara daripada hiu lain ini, diperkirakan mengenai usia mereka yanglebih dari 200 tahun. Mereka juga memegang rekor dunia karena memiliki daging yang paling beracun dari spesies hiu lainnya.

4. Ikan Koi

Ikan koi biasanya hidup selama 25-30 tahun, tetapi laporan yang ada saat ini koi bisa mencapai usia 100-200 tahun. Satu koi yang terkenal di Jepang, bernama Hanako meninggal di tahun 1977 dengan usianya 226 tahun.

5. Lama bersirip Eel

Hewan ini merupakan asli Selandia Baru dan Australia. Belut tertua tercatat berusia hingga 106 tahun. Belut ini tumbuh sangat lambat, hanya satu sampai dua sentimeter per tahun.

6. Paus Bowhead

Paus Bowhead bisa bertahan hidup dalam usia yang panjang karena suhu tubuhnya bisa beradaptasi dengan baik. Usia rata-rata paus Bowhead dapat mencapai 200 tahun. (Inan)

Check Also

Ilmuwan Temukan Fosil Monster Loch Ness Berusia 170 Juta Tahun

Ilmuwan Temukan Fosil Monster Berusia 170 Juta Tahun

Edupost.id – Sejumlah ilmuwan Skotlandia berhasil menemukan fosil mirip Monster legendaris dari Skotlandia, Loch Ness. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *