Kamis , 24 Agustus 2017
Home / Sainstek / Enam Hewan Purba yang Masih Hidup Sampai Sekarang
Enam hewan purba yang masih hidup sampai sekarang
Enam Hewan Purba yang masih hidup sampai sekarang (foto: Bowmanfillezoo)

Enam Hewan Purba yang Masih Hidup Sampai Sekarang

Edupost.id- Biasanya kita hanya dapat mengenal hewan purba melalui fosil, namun ada beberapa hewan purba yang msih bertahan hidup sampai sekarang dan disebut fosil hidup. Fosil  merupakan sebutan bagi hewan atau tumbuhan yang telah punah,  bagi hewan yang memiliki perubahan dianggap sebagai hewan purba atau kuno.

Berikut enam hewan purba yang masih bertahan hidup, dilansir dari craced.com.

  1. Komodo

Hewan ini dapat kita temukan di kepulauan Indonesia, dan menjadi salah satu hewan dilindungi. Komodo merupakan spesies reptil purba endemik yang hidup semenjak zaman purba. Evolusi komodo dimulai dengan genus Varanus yang mulai berkembang di Asia antara 40-25 juta tahun yang lalu.

Dengan panjang lebih dari 1 meter dan berat lebih dari 50 kilogram, Komodo disebut sebagai Dinosaurus terakhir didunia.

  1. Trenggiling

Pangolin atau trenggiling, termasuk hewan purba. Meski terdapat fosil pada masa Miosen, tetapi hewan ini masih dapat ditemukan di Asia tenggara. Meskipun tampak seperti reptil, tapi trenggiling ialah hewan pemakan serangga. Trenggiling juga mampu membuat pelindung dari tubuhnya sendiri, dengan menggulungkan badan seperti bola.

  1. Buaya

Buaya merupakan salah satu reptil purba yang tersisa dibumi, dengan panjang tubuh termasuk ekornya bisa mencapai 12 meter seperti yang dikenal di sangatta, kalimantan Timur. Nenek moyang dari buaya bisa disebut CrocodileSaurus, yang besarnya melebihi 25 meter.

Hingga saat ini, buaya dapat ditemukan dari Srilangka, hingga kepulauan Fiji bahkan sampai dengan Indonesia dan Australia.

  1. Ikan Arwana (Scleropagussp)

Ikan Arwana merupakan salah satu ikan purba yang bertahan hidup sejak 220 tahun lalu, ikan ini dapat ditemukan di Amazon dan beberapa bagian Afrika dan Australia. Dengan habitat sungai dan danau berair tenang, seperti sungai kapuas dan danau sentarum Indonesia.

Ikan ini juga termasuk hewan yang dilindungi dan menjadi ikan hias, bagi segelincir orang dan peternak ikan.

  1. Tapir

Tapir merupakan hewan berwarna hitam dan putih serta bentuknya seperti babi hutan, Tapir juga termasuk hewan purba yang masih hidup hingga saat ini. Tapirus Indicus, merupakan nama lain dari Tapir.

Tapir purba diperkirakan sudah ada sejak 50 juta tahun di Amerika Utara dan Asia, saat ini habitat tapir sangat dilindungi dan menjadi hewan khas Indonesia.

  1. Burung crane sandhill

Burung unik sekaligus hewan purba yang masih bertahan hidup hingga saat ini, burung ini dapat ditemui di Amerika Utara dan timur laut Siberia. Dengan ukuran besar mencapai 5 kilogram, fosilnya pernah ditemukan 10 juta tahun dari Nebraska.(Inan)

Check Also

Astronom Rusia : Asteroid Akan Tabrak Bumi

Edupost.ID – Seseorang astronom Rusia, Dr Dyomin Damir Zakharovich, mengatakan, sebuah asteroid akan menabrak Bumi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *