Sabtu , 23 September 2017
Home / Sainstek / Enam Kebiasaan Aneh Hewan yang Belum Banyak Diketahui
burung bower
Burung Bower (foto: carina)

Enam Kebiasaan Aneh Hewan yang Belum Banyak Diketahui

Edupost.id – Hewan memiliki sifat dan kebiasaan hidup yang berbeda-beda. Mereka terkadang bertingkah aneh dan melakukan kebiasaan yang unik. Mari kita lihat 6 kebiasaan aneh yang dilakukan hewan seperti yang dilansir toptenz.

1.Tidak tidur sama sekali

Ternyata betina lumba-lumba yang baru saja melahirkan anaknya, tidak tidur sama sekali selama beberapa bulan setelah bayinya lahir.

2. Tidur terbalik

Anda bisa lihat bagaimana posisi tidur kelelawar yang terbalik? Ternyata posisi tidur mereka sebenarnya adalah pilihan yang sangat praktis untuk mereka. Sayap mereka tidaklah cukup kuat untuk menghadapi sesuatu yang menyerang, namun dengan menggantung terbalik, mereka dapat mengatur kecepatan mereka hanya dengan memanfaatkan gravitasi. Ditambah, mereka tidak membuang-buang energi ketika mereka menggantung terbalik.

3. Menguap untuk pamer

Umumnya hewan yang menguap tanda ia mengantuk. Tapi bagi beberapa hewan menguap bertujuan untuk memamerkan gigi mereka, sehingga mengancam musuh. Lainnya menguap karena mereka senang melakukannya seperti halnya penguin.

4. Ahli dekorasi

Burung Bower sangat pandai dalam mendekorasi sarangnya. Ia melakukan upaya besar untuk menghiasi sarangnya, ia bahkan pergi jauh untuk menghancurkan sarang tetangganya untuk menarik lebih banyak perhatian pada sarangnya sendiri. Hal ini dilakukan dalam upaya untuk menarik pasangan. Burung Bower adalah dekorator yang teliti, ia akan menggunakan bunga, bulu, batu, potongan plastik yang dibuang, dan kaca untuk menghias. Burung Bower bahkan akan menghias sarangnya dengan satu warna tertentu. Dia akan sangat terfokus untuk menghias sarangnya dan hanya akan beristirahat saat ia pergi ke sarang burung lainnya untuk mencuri atau merusak.

5. Mencuri sarang

Perilaku aneh burung lainnya ditunjukkan oleh burung Cuckoo. Burung cuckoo cukup unik dalam pengasuhan. Mereka tidak membangun sarang untuk bertelur, tapi melakukannya di sarang burung lain. Burung Cuckoo akan meletakkan telurnya ke dalam sarang burung lain setelah dia mengamati bahwa burung-burung lain telah keluar dari sarangnya dan setelah telurnya menetas, dia akan berusaha untuk menjatuhkan telur lainnya.

6. Berempati

Gajah termasuk hewan yang memiliki empati yang tinggi. Mereka akan tetap dekat di samping kuburan gajah lainnya untuk beberapa waktu, bahkan menahan lapar dan haus, demi menunjukkan empati mereka. Jika ada gajah yang mati, gajah lainnya akan mengambil daun, kotoran, dan ranting untuk  menutupi jasad gajah yang mati tersebut. (Iyes)

Check Also

Soal-Ujian-Terlalu-Sulit-Nilai-UN-SMP-2016-Turun

SMP Negeri 15 Yogyakarta Pilot Project Sekolah Ramah Anak

Edupost.id – SMP Negeri 15 Yogyakarta telah dicanangkan menjadi salah satu pilot project sekolah ramah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *