Rabu , 18 Oktober 2017
Home / Sainstek / Enam Tanaman Ini Biasa Dipakai sebagai Pengusir Tikus
cara mengusir tikus
cara mengusir tikus (britannica doc.)

Enam Tanaman Ini Biasa Dipakai sebagai Pengusir Tikus

Edupost.id – Siapa yang tak mengenali tikus, hampir semua rumah dipastikan terdapat binatang pengerat yang satu ini. Selain kerap mencuri makanan di dapur serta membuat kerusakan, binatang pengerat ini juga menimbulkan penyakit berbahaya.

Pada umumnya pemilik rumah akan melakukan tindakan apabila kerusakan serta gangguan yang diakibatkan oleh si tikus kian parah. Sejumlah cara dilakukan supaya dapat menghilangkannya, baik cara alami maupun racun. Dirangkum dari berbagai sumber, beberapa tanaman berikut ternyata berguna untuk mengusir tikus di rumah kita.

1. Daun mint

Cara mengusir tikus dengan daun min adalah dengan membuat larutan sari daun mint. Ambilah sari daun mint, dan larutkan ke dalam air. Semprotkanlah larutan tersebut ke area yang sering didatangi ataupun dilalui tikus. Sehingga tikus akan menghindari tempat yang diberi larutan mint tersebut. Tikus amat tidak menyukai aroma daun mint.

2. Daun salam

Tikus itu suka makan apa pun, termasuk daun salam. Tapi ketika mereka memakannya, hal itu benar-benar membunuh mereka. Taruh saja beberapa daun salam di daerah tikus. Terus ulangi proses ini sampai semua tikus pergi.

3. Kulit Durian.

Bagian buah durian yang dapat dipergunakan untuk membasmi tikus ialah bagian kulitnya. Potonglah kulit buah durian dan taruhlah di daerah yang kerap dilalui tikus. Duri tajam serta aromanya yang menyengat akan mengusir tikus.

4. Lada

Bau menyengat lada bukan hanya bisa membuat hidung manusia gatal, tapi juga ampuh mengusir tikus. Cukup taburkan sedikit lada di sekitar sudut-sudut dan lubang-lubang di mana mereka tinggal. Anda akan melihat hasilnya.

5. Buah Mengkudu.

Buah mengkudu juga bisa digunakan untuk mengusir tikus. Caranya sangatlah mudah, hanya dengan menghancurkan serta mencampurkannya dengan air kemudian disiramkan ke daerah yang kerap dilewati tikus.

6. Bawang

Bawang sangat efektif untuk menyingkirkan tikus secara alami. Bau bawang ini dianggap tikus sangat menjijikkan. Yang perlu Anda lakukan hanya mengiris bawang dan menyimpannya di dalam atau dekat lubang Tikus. (Andi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *