Sabtu , 25 November 2017
Home / Sainstek / Ikan Menyerupai Alien Ditemukan di Teluk Meksiko

Ikan Menyerupai Alien Ditemukan di Teluk Meksiko

Edupost.ID – Ikan spesies baru berhasil ditemukan para ilmuwan dunia. Makhluk yang hidup di kedalaman laut yang gelap ini lebih terlihat seperti alien daripada ikan. Spesies ini memiliki gigi jarum dan alat pancing bersinar yang terletak di atas kepalanya. Saat ini, ikan yang ditemukan di Teluk Meksiko tersebut diberi nama Lasiognathus dinema.

Para ilmuwan melihat tiga betina dari spesies baru anglerfish pada kedalaman antara 3.280 kaki dan hampir 5.000 kaki (1.000 dan 1.500 meter) di bawah Teluk Meksiko. Ikan yang berukuran  1,2-3,7 inci (30-95 milimeter), ini hidup dalam kondisi ekstrim.  Tidak ada sinar matahari menembus habitat mereka dan mereka mampu bertahan dari tekanan besar lebih dari 2.200 pound (1 ton) per inci persegi.

Spesies anglerfish ini berbeda dari spesies lain dalam genusnya. Ia memiliki organ melengkung yang menonjol keluar tubuhnya yang disebut esca, atau organ di ujung “pancing” yang berisi bakteri dan memproduksi cahaya.

Nama spesies ikan itu diambil dari kata Yunani “di” untuk “dua” dan “nema” untuk “benang,” yang tumbuh dari basis kait organ cahaya. Para peneliti, Tracey Sutton dari Nova Southeastern University di Florida dan Theodore Pietsch dari Universitas Washington, menulis hal itu dalam jurnal Copeia (diterbitkan oleh American Society of ichthyologists dan herpetologis).

Para peneliti baru berhasil menemukan spesies betina dari jenis ikan ini. Mereka memperkirakan spesies jantannya berukuran lebih kecil, seperti anglerfish lainnya di subordo Ceratioidei. Spesies betina dari Ceratias spesies holboelli, misalnya, memiliki bobot setengah juta kali lebih berat daripada yang jantan. (Iyes)

Check Also

Jerawat Lari Dilawan dengan 5 Bahan Ampuh Ini

Edupost.id – Bagi sebagian orang, jerawat sering menjadi musuh menyebalkan, terutama bagi kaum wanita. Jerawat …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *