Rabu , 18 Januari 2017
Home / Sainstek / Ilmuwan Temukan Fosil Monster Berusia 170 Juta Tahun
Ilmuwan Temukan Fosil Monster Loch Ness Berusia 170 Juta Tahun
Ilmuwan Temukan Fosil Monster Berusia 170 Juta Tahun (foto: swsn)

Ilmuwan Temukan Fosil Monster Berusia 170 Juta Tahun

Edupost.id – Sejumlah ilmuwan Skotlandia berhasil menemukan fosil mirip Monster legendaris dari Skotlandia, Loch Ness. Diperkirakan, fosil tersebut sudah berusia 170 juta tahun. Para ilmuwan dari Universitas Edinburgh berhasil menemukan fosil tersebut menempel pada sebuah batu di daerah Isle of Skye.

Menurut para ilmuwan, kondisi rangka fosil tersebut masih tergolong lengkap. Fosil tersebut diperkirakan berasal dari dinosaurus berjenis Ichthyosaur yang hidup di zaman prasejarah. Ichthyosaur sendiri merupakan leluhur dari lumba-lumba.

Palaeontolog dari Universitas Edinburgh bekerjasama dengan para ahli di Museum Nasional Skotlandia berusaha mengekstrak rangka tersebut dari sebuah batu. Untuk memisahkan rangka dengan fosil, konservator menggunakan jarum bergetar uang yang terbuat dari baja keras.

Dr Steve Brusatte, paleontolog dari Universitas Edinburgh mengungkapkan bahwa temuan ini merupakan kemajuan penting bagi ilmu pengetahuan. “Tulang mereka sangat jarang di Skotlandia, yang membuat spesimen ini salah satu permata mahkota fosil Skotlandia,” ujarnya seperti dikutip dari Daily Mail.

Sekilas mengenai Ichthyosaur, dinosaurus ini memiliki ratusan gigi berbentuk kerucut. Pada masanya, ichthyosaur dapat tumbuh hingga empat meter. (IK-SS)

Check Also

Kura-kura Galapagos, hewan usia terpanjang di dunia

Enam Hewan dengan Usia Terpanjang di Dunia

Edupost.id – Tak banyak hewan di dunia ini yang memiliki usia lebih lama dibanding usia …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *