Sabtu , 22 Juli 2017
Home / Sainstek / Ini Bahayanya Membuang Komputer dan Handphone Bekas
smartphones
Smartphone (foto: alphr doc.)

Ini Bahayanya Membuang Komputer dan Handphone Bekas

Edupost.ID – Apakah kamu termasuk orang yang gemar mengikuti tren? Apa yang kamu lakukan jika gadgetmu ketinggalan zaman? Pernahkah kita berpikir ke mana sampah-sampah teknologi berlabuh? Sebuah pengamatan yang dilakukan di beberapa dekade lalu menyatakan bahwa kekuatan komputer berlipat ganda setiap dua tahun dan terus berlangsung hingga kini. Ini berarti setiap beberapa tahun, jutaan komputer menjadi relatif ketinggalan zaman.

Apa yang terjadi saat peralatan ini dibuang? Selain itu, apa yang terjadi dengan jutaan pesawat televisi, telepon seluler, lemari es, dan mesin cuci yang diganti setiap tahun? Mayoritas dari mereka berakhir di pembuangan sampah sebagai limbah teknologi.

Benda-benda itu mengandung senyawa yang melepas zat beracun dan memerlukan waktu ribuan tahun untuk terurai. Sebagian kecil komponennya didaur ulang, meskipun tidak selalu dilakukan dengan cara yang ramah lingkungan.

Faktanya, sebanyak 45 juta ton metrik limbah listrik dan elektronik dibuang setiap tahun di penjuru dunia.

Sebagian besar sampah elektronik terdiri atas komputer ketinggalan zaman yang berakhir di negara-negara terbelakang, di mana perlindungan terhadap lingkungan masih lemah atau tidak ada sama sekali.

Soviet menempatkan Sputnik 1, satelit buatan pertama yang diorbit pada 1957. Sejak itu telah terbentuk tong sampah angkasa bagi pesawat angkasa kuno, roket bekas serta potongannya, dan objek lain.

Telah dihitung bahwa terdapat sekitar 50.000 objek di orbit Bumi yang berukuran lebih besar dari 1 cm. setiap objek memiliki risiko potensial bagi misi ruang angkasa yang aktif di orbit Bumi.

Meskipun komputer atau peralatan listrik tidak tampak memiliki dampak ekologis saat dibuang, sebenarnya benda-benda itu menyimpan resiko karena komponennya mengandung banyak material beracun yang mencemari lingkungan. Menurut Ensiklopedia Sains Spektakuler,Lingkungan Hidup, berbagai komponen dapat menyebabkan kerusakan yang berbeda bagi tubuh manusia.

Berikut ini bahayanya:

  • Cacat lahir dapat disebabkan oleh limbah kadmium, timbal, litium, merkuri, nikel, paladium, dan perak.
  • Kerusakan otak dapat disebabkan oleh kandungan barium, timbal, litium, merkuri, paladium, dan perak.
  • Kerusakan jantung, hati, paru-paru, dan limpa dapat disebabkan oleh barium, kadmium, timbal, litium, merkuri, nikel, paladium, rodium, dan perak.
  • Kerusakan ginjal dapat disebabkan oleh kadmium, timbal, litium, merkuri, nikel, dan paladium.
  • Kerusakan saraf atau sistem reproduksi dapat disebabkan oleh kadmium, timbal, litium, nikel, dan perak.
  • Sedangkan kerusakan tulang disebabkan oleh kandungan kadmium.

Sembilan puluh tujuh (97%) persen komponen dari sebuah komputer dapat didaur ulang. Berikut ini komponen-komponen tersebut:

  • Cathode-Ray Tube (CRT)
    Mengandung timbal, unsur sangat beracun yang tidak mudah untuk disingkirkan tubuh. Model lama juga dapat mengandung arsenik, yang juga beracun.
  • Layar
    Layar monitor CRT lama mengandung fosfor dan timbal. Selain itu mengandung barium untuk melindungi pengguna dari sinar katode.
  • Baterai dan saklar
    Keduanya mengandung merkuri.
  • Keyboard
    Terbuat dari plastik yang dapat mengandung polutan seperti PVC.
  • Casing
    Dapat terbuat dari baja tahan karat yang mengandung krom.
  • Kabel
    Mengandung antimon trioksida sebagai pencegah kebakaran.
  • Papan sirkuit
    Mengandung selenium
  • Motherboard
    Konektornya mengandung berilium

(Nurfi)

Check Also

Guru garis Depan

SK CPNS Guru Garis Depan Telah Resmi Ditetapkan

Edupost.id – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah resmi menetapkan Surat Keputusan (SK) bagi 2.806 Guru …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *