Selasa , 23 Mei 2017
Home / Sainstek / Ini Penampakan Benih yang Mirip Otak Manusia

Ini Penampakan Benih yang Mirip Otak Manusia

Edupost.ID – Jika umumnya benih tanaman berbentuk bulat namun ternyata ada benih yang memiliki bentuk unik. Benih yang dinamai hatura ini berbentuk mirip otak manusia. Seperti yang dilansir dari Reader’s Digest, bunga yang dikenal sebagai terompet malaikat ini memiliki benih yang berwarna kekuning-kuningan dan jika dibelah bentuknya menyerupai otak manusia.

Bunga ini hidup di iklim tropis seperti di Amerika Serikat, Amerika Utara, Meksiko, Tunisia dan Afrika Utara.

Keindahan bunganya memikat para pecinta tanaman sehingga beberapa orang menyebutnya Moonflowers. Nama Datura diambil dari bahasa Hindi “Dhatura” yang berarti duri-apel. Sedangkan dalam bahasa Sansakerta disebut sebagai “Kanak” dan “Unmatt”.

Tanaman berumur pendek ini hanya tumbuh dengan ketinggian 2 m. Panjang daun sekitar 10-2- cm dan luas 5-18 cm. Bunganya tegak atau melebar (tidak terjuntai seperti Brugmansia), berbentuk terompet dengan panjang 5-20 cm dan diameter pucuknya  4-12 cm. Warna bunganya bervariasai yaitu putih, merah muda dan ungu pucat. Sedangkan buahnya berbentuk bulat berisi benih yang dilindung duri-duri tajam.

Meskipun bunga ini sangat indah, tapi semua bagiannya sangat beracun dan dapat menyebabkan iritasi pada kulit. Tanaman ini mengandung alkaloid tropane, skopolamin, hiosiamin dan atropin, terutama di dalam biji dan bunga mereka.

Zat-zat tersebut telah digunakan selama berabad-abad yang lalu sebagai racun. Kadar racun dari tanaman ini tergantung pada usia, kondisi cuaca dan dimana ia tumbuh. (Nisa)

Check Also

UGM Buka Ajang Bisnis Pemuda ASEAN, AYSPP 2017

UGM Buka AYSPP, Ajang Bisnis Pemuda ASEAN

Edupost.id – Kompetisi bertaraf internasional, ASEAN Youth Socialprenuership Program (AYSPP) yang digelar Universitas Gadjah Mada (UGM) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *