Kamis , 27 Juli 2017
Home / Sainstek / Ini Penampakan Satelit Pluto yang Berukuran Jumbo

Ini Penampakan Satelit Pluto yang Berukuran Jumbo

Edupost.id – Satelit alami biasanya tidak lebih besar dari planet yang dikelilinya. Berbeda dengan Charon, satelit yang mengelilingi Planet Pluto ini berukuran jumbo yaitu setengah dari ukuran Planet Pluto. Seperti dilansir Discovery, NASA merilis penampakan wajah permukaan Charon beberapa waktu yang lalu. Permukaan Charon terlihat jelas dengan sebuah lembah-lembah besar berbentuk zigzag.

Satelit alami adalah benda-benda luar angkasa bukan buatan manusia yang mengorbit sebuah planet. Seperti bulan yang mengitari bumi. Gambar di atas menunjukkan penampakan Charon dengan resolusi tinggi yang sudah disempurnakan sebelum pendekatan terdekat pada 14 Juli 2015. Gambar diambil dari kapal luar angkasa Ralph oleh Multispectral Visual Imaging Camera (MVIC).

Besar Charon sekitar setengah diameter dari Pluto, hal ini membuatnya menjadi bulan terbesar di tata surya. Charon dan Pluto diklasifikasikan juga sebagai “planet biner”, contoh terbesar dari jenisnya di tata surya (ada juga beberapa asteroid yang biner).

Pengklasifikasian sebuah planet tidak dilihat dari satu sisi saja, terlihat penampakan wajah baru Charon lengkap dengan kawah yang menakjubkan, geologis yang menarik dan retakan kerak yang dramatis.

“Kelihatannya seperti seluruh kerak Charon telah terbuka dan terbagi dua”, ujar John Spencer, Deputi Geology, Geophysics and Imaging (GGI) di Southwest Research Institute di Boulder, Colorado. (Nisa)

Check Also

Guru garis Depan

SK CPNS Guru Garis Depan Telah Resmi Ditetapkan

Edupost.id – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah resmi menetapkan Surat Keputusan (SK) bagi 2.806 Guru …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *