Sabtu , 25 November 2017
Home / Sainstek / Kecoa Ternyata Bisa Tetap Hidup, Walau Tanpa Kepala

Kecoa Ternyata Bisa Tetap Hidup, Walau Tanpa Kepala

Edupost.ID – Tahukah anda, binatang kecoa yang biasa hidup di tempat-tempat yang kotor itu ternyata tidak membutuhkan kepala untuk bertahan hidup. Hal ini berbeda dengan makhluk hidup lainnya yang menggunakan kepala sebagai bagian tubuh terpenting. Penjelasan ini seperti dilansir todayifoundout.

Kecoa bernafas melalui spirakel seluruh tubuhnya sehingga otak tidak mengontrol fungsi ini. Ahli fisiologi dan biokimia, Joseph Kunkel dari University of Massachusetts Amherst, yang mempelajari perkembangan kecoa, menjelaskan bagaimana hal tersebut bisa terjadi.

Ia menjelaskan, kecoa tidak memiliki tekanan darah sebagaimana mamalia. Mereka memiliki sistem peredaran darah terbuka. Akibatnya, tidak akan mengeluarkan darah.

Jantung kecoa berupa tabung sederhana dengan katup yang dapat memompa darah ke belakang dan ke depan. Selain itu, ada kemampuan untuk memperlambat denyut jantung, bahkan jantung dapat berhenti untuk beberapa waktu tanpa membahayakan kecoa tersebut.

Kecoa bernapas melalui lubang-lubang kecil di setiap segmen tubuhnya. Trakea melekat pada spirakel, tidak termasuk kepala. Spirakel ini langsung terhubung ke jaringan melalui serangkaian tabung. Jadi bukan melalui darah yang membawa oksigen ke seluruh tubuh. Jadi kecoa tidak tergantung pada mulut dan tenggorokan untuk bernapas.

Binatang kecoa merupakan serangga berdarah dingin, kecoa membutuhkan jauh lebih sedikit makanan daripada manusia. Percobaan telah menunjukkan bahwa kecoa dapat dengan mudah hidup dalam botol tertutup tanpa makanan selama setidaknya satu bulan. Walaupun  masih dengan metabolisme rendah dan suhu dingin sekalipun, kecoa bisa bertahan sekitar satu bulan tanpa perlu kepalanya. (Iyes)

Check Also

Jerawat Lari Dilawan dengan 5 Bahan Ampuh Ini

Edupost.id – Bagi sebagian orang, jerawat sering menjadi musuh menyebalkan, terutama bagi kaum wanita. Jerawat …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *