Sabtu , 22 Juli 2017
Home / Sainstek / Kehidupan Bumi Dimungkinkan Berawal dari Mikroba
Kehidupan Bumi Dimungkinkan Berawal dari Mikroba
Kehidupan Bumi Dimungkinkan Berawal dari Mikroba (Foto : space.com)

Kehidupan Bumi Dimungkinkan Berawal dari Mikroba

Edupost.id – Bukti menunjukkan bahwa mikroba telah ada di Bumi sejauh 3,7 miliar tahun yang lalu, atau satu miliar tahun setelah planet terbentuk. Sisa-sisa kehidupan hewan tidak muncul dalam catatan fosil sampai 600 juta tahun yang lalu selama periode Ediacaran, meskipun ada tanda-tanda tidak langsung bahwa kehidupan hewan mungkin telah muncul jauh lebih awal.

Mengutip laman Space, Kamis (22/9), banyaknya jejak fosil hewan yang ditemukan dalam ‘kerut’ struktur, pegunungan kecil, dan lubang kecil diduga merupakan bukti dari keberadaan mikroba kuno. Fosil tersebut terdiri atas lapisan mikroorganisme dan tanda-tanda kehidupan mikroba. Tanda-tanda adanya mikroba tersebut tersebar luas pada periode Prakambrium, yakni periode sebelum kehidupan hewan menjadi sangat umum dan beragam seperti saat ini.

Para ilmuwan sedang berusaha untuk menempatkan kehidupan awal dari kerajaan animalia dengan mengandalkan jejak kaki, goresan, makanan, atau tanda-tanda dari lubang. Beberapa ilmuwan mengklaim menemukan jejak fosil yang dibuat oleh hewan lebih dari 1 miliar tahun yang lalu.

Dengan adanya bukti tersebut, mereka berharap bisa mengungkap kontroversi mengenai bagaimanakah kehidupan binatang bisa sampai saat ini. Selain mikroba, ilmuwan juga melacak fosil hewan bertubuh lunak dari zaman Ediacaran sehingga dapat mempelajari hewan tersebut dari awal.

Giulio Mariotti, seorang ahli kelautan dari Louisiana State University, dan rekan-rekan, diperiksa seharusnya jejak hewan fosil dari Zaman Ediacaran, dan menemukan bahwa adalah mungkin bahwa beberapa dari mereka bisa mikroba dalam asal. Hasilnya, yang baru-baru ini diterbitkan dalam sebuah makalah berjudul “Microbial Origin of Early Animal Trace Fossils” menimbulkan pertanyaan tentang keandalan jejak fosil sebagai bukti kehidupan hewan awal. (Andi)

Check Also

Astronom Rusia : Asteroid Akan Tabrak Bumi

Edupost.ID – Seseorang astronom Rusia, Dr Dyomin Damir Zakharovich, mengatakan, sebuah asteroid akan menabrak Bumi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *