Senin , 25 September 2017
Home / Sainstek / Laba-laba Unik Ini Jago Melompat Walau Tanpa Jaring
Laba-laba Selenops banksi
Laba-laba Selenops banksi (foto: insider.si.edu)

Laba-laba Unik Ini Jago Melompat Walau Tanpa Jaring

Edupost.ID – Jika umumnya laba-laba melompat dengan mengeluarkan jaring-jaring (spider web), lain halnya dengan spesies laba-laba unik berikut ini. Selenops banksi adalah salah satu dari laba-laba di genus Selenops yang jago melompat dari puncak pohon tanpa menggunakan jaring laba-laba. Hal ini berdasarkan studi baru yang dipublikasikan pada Selasa, 18 Agustus 2015 di Journal of Royal Society Interface, seperti dilansir livescience.

Selain Laba-laba ini, seorang profesor biologi di University of Louisville, Stephen Yanoviak juga menemukan ada banyak serangga kecil termasuk spesies semut yang memiliki perilaku sama yaitu jago melompat. Padahal, mereka tidak memiliki sayap untuk membantu mereka berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya.

Yanoviak pertama kali mengamati perilaku ini pada semut, kemudian ia mencoba melemparkan arthropoda dari puncak pohon untuk melihat apakah mereka juga dapat meluncur.

Laba-laba Selenops memiliki tubuh yang sangat tipis dan dapat beradaptasi di lingkungan hutan tropis. Eksoskeleton makhluk ini (yang ditemukan di hutan hujan di Peru dan Panama, serta negara-negara lain) memiliki lichen yang berwarna. Hal ini membuat mereka terlihat samar saat di batang pohon. Gerakan laba-laba ini juga sangat cepat, ia merupakan hewan tercepat di dunia dalam hal kecepatan menyerang mangsanya.

Laba-laba umumnya tidak asing dengan metode konvensional transportasi. Banyak spesies laba-laba kecil terlibat dalam perilaku yang dikenal sebagai “balon,” di mana mereka naik ke puncak rumput atau beberapa titik tinggi lainnya dan tongkat pemintal mereka ke udara. Dan penelitian terbaru menunjukkan bahwa laba-laba juga tahu bagaimana untuk berlayar, dengan memutar tubuh dan kaki mereka ke dalam berbagai postur.

Berbeda dengan laba-laba Selenops, ia tidak membutuhkan gerakan, juga tidak perlu benang atau jaring untuk melompat.  Walau laba-laba ini tak bersayap, tapi kemampuan melompatnya tergolong menabjubkan. “Tidak ada laba-laba dengan sayap, dan tidak akan pernah ada laba-laba dengan sayap, sejauh yang kita tahu, karena mereka begitu luar biasa sukses tanpa harus memiliki sayap,” kata Yanoviak. (Iyes)

Check Also

korban kekerasan seksual

Buka Lelang Keperawanan Anak, KPAI Panggil AW

Edupost.id – Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI), Susanto, mengatakan pihaknya akan memanggil Aris Wahyu …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *