Kamis , 30 Maret 2017
Home / Sainstek / Lima Hewan Terkecil di Dunia yang Menakjubkan
Hewan Vertebrata terkecil di dunia
Hewan vertebrata terkecil di dunia (foto: dailyanimal)

Lima Hewan Terkecil di Dunia yang Menakjubkan

Edupost.id – Vertebrata merupakan jenis hewan yang memiliki tulang belakang atau tulang punggung, dan dapat tumbuh besar. Namun, ada beberapa hewan vertebrata yang memiliki ukuran sangat kecil sehingga tampak menakjubkan. Berikut ini lima hewan vertebrata terkecil di dunia, seperti dilansir dari OnekindAnimals.

  1. Burung Kuba (Mellisuga helenae)

Hewan ini merupakan burung terkecil di dunia atau vertebrata berdarah panas. Burung ini bisa ditemukan di Kuba dengan panjang  5,7 centimeter dan beratnya 8 gram. Keunikan hewan ini terlihat saat terbang.

  1. Lemur

Primata terkecil di dunia ini bisa ditemukan di Kirindy Mitea National Park di Western, Madagaskar. Lemur mempunyai panjang tubuh 92 mm dan berat yang hanya 30 gram. Hewan ini sangat dlindungi karena keunikannya.

  1. Monyet Kurcaci

Monyet yang berasal dari hutan Brazil, Columbia, Ekuador, Peru dan Bolvia ini masuk kategori hewan tekecil. Panjang tubuhnya berkisar 14-16 centimeter dan berat yang mencapai 12-15 gram. Usia hewan ini hanya bertahan hingga 11-16 tahun saja.

  1. Kura-kura Padloper berbintik

Penyu atau kura-kura berbintik (Homopus signatus) ini berasal dari Afrika Selatan.  Meski ukurannya hanya mencapai 6-10 centimeter, hewan ini tidak terlihat lemah karena memiliki tempurung yang kuat seperti kura-kura lainnya.

  1. Kalelawar moncong babi (Bumblebee Bat)

Kelelawar ini hidup di gua-gua atau sepanjang sungai di Thailand dan Burma. Kelelawar kecil ini memiliki ukuran yang tidak jauh berbeda dengan lebah. Panjangnya  30-40 mm dan beratnya hanya mencapai 2 kilogram. Hewan ini juga terancam punah.  (Inan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *