Kamis , 19 Oktober 2017
Home / Sainstek / Lima Hewan yang Punya Sifat Mirip Manusia

Lima Hewan yang Punya Sifat Mirip Manusia

Edupost.id – Percayakah Anda jika ada beberapa jenis hewan yang memiliki sifat mirip dengan manusia? Laman Live Science melaporkan, ternyata lima hewan berikut memiliki sifat yang juga dimiliki manusia.

1. Gajah

Hewan besar ini memiliki sifat yang mirip manusia ketika ada temannya yasng mati. Ketika seekor gajah anggota kelompok mati, teman satu kelompoknya akan mengubur jasad kawannya dengan dedaunan maupun rumput. Tak hanya itu, sekelompok gajah juga akan mengunjungi ‘makam’ kawannya meski telah berwujud tulang-belulang atau mati selama bertahun-tahun.

2. Tikus

Dalam sebuah pengamatan pada 1958, seekor tikus memberikan makanan kepada tikus yang kelaparan. Pada 2006, sebuah jurnal Science mengungkap bahwa tikus terlihat meringis saat rekannya merasa sakit. Meski demikian, temuan itu diketahui terjadi jika tikus tersebut memiliki kedekatan dengan tikus lainnya atau terhadap rekan sekelompoknya.

3. Burung

Burung biru (bluebird) dilaporkan memiliki rasa cemburu saat pasangannya pergi bersama pejantan lainnya. Dalam jurnal yang dipublikasi pada 1975, mengungkap bahwa saat seekor burung jantan mencari makan, sang betina keluar dari sarangnya dan berduaan bersama pejantan lain. Mengetahui hal itu, pasangan dari betina itu langsung menyerang pejantan lainnya, menggigit, dan merobek bulunya.

4. Lumba-Lumba

Lumba-lumba ternyata memiliki rasa empati pada spesies lain. Beberapa lumba-lumba mempraktikkan kebaikan secara acak dengan menyelamatkan perenang. Adapula tindakan lainnya di mana lumba-lumba yang baik hati membimbing paus yang terdampar kembali ke laut.

5. Anjing

elain dikenal sebagai hewan yang setia pada tuannya, anjing juga diketahui memiliki rasa bersalah seperti yang dialami oleh manusia. Dalam beberapa kasus seekor anjing memasang ekspresi bersalah saat ia diketahui sang majikan memakan makanan yang tak boleh dimakannya. Ekspresi itu ditunjukkan anjing saat sang majikan memasang ekspresi marah atau emosi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *