Sabtu , 25 November 2017
Home / Sainstek / Lumba-lumba Langka Ditemukan Berwarna Pink

Lumba-lumba Langka Ditemukan Berwarna Pink

Edupost.id – Pernahkah anda melihat lumba-lumba berwarna pink? Lumba-lumba berwarna pink ini ternyata pertama kali terlihat di Louisiana Calcasieu delapan tahun lalu yaitu tahun 2007. Menurut laporan dari National Geographic, lumba-lumba berwarna pink itu terlihat di perairan minggu ini dan telah membuat heboh media sosial.

Kapten Erik Rue berhasil mengambil gambar lumba-lumba tersebut dan menemukan bahwa dia adalah lumba-lumba betina. Banyak yang percaya bahwa lumba-lumba tersebut adalah albino.

Peneliti Greg Barsh, dari HudsonAlpha Institut Bioteknologi di Alabama meyakini bahwa warna pink pada lumba-lumba tersebut terjadi mungkin karena dia albino. Faktanya bahwa mata hewan tersebut memiliki semburat kemerahan, dan pembuluh darah dapat terlihat melalui kulit pucatnya. Kulit hewan albino tidak mengandung pigmen karena sel-sel melanin membuatnya tidak menghasilkan cukup pigmen, atau tidak sama sekali dalam beberapa kasus. Para ilmuwan berpikir albinisme terjadi karena mutasi pada salah satu dari sejumlah gen.

Albinisme adalah suatu kondisi di mana kulit organisme benar-benar kekurangan pigmen melanin, yang memberi warna pada rambut, mata, dan kulit. Pada individu dengan albinisme, kurangnya melanin, menyebabkan penampilannya menjadi pucat.

Lumba-lumba pink ini rentan terhadap risiko negatif sinar UV karena hewan ini tidak memiliki melanin yang bisa memberikan perlindungan dari radiasi ultraviolet, yang dapat merusak sel-sel kulit dan masalah terhadap penglihatan.

Hanya ada 14 spesies lumba-lumba berwarna pink yang telah dilaporkan di seluruh dunia, menurut Washington Examiner. Dua spesies lumba-lumba tersebut adalah – lumba-lumba Cina putih (Sousa chinensis) dan lumba-lumba sungai Amazon (Inia geoffrensis) – yang dikenal lumba-lumba berwarna pink.

Minggu lalu, lumba-lumba pink dilaporkan terlihat sedang melalui masa kawinnya, sehingga membuat banyak orang bertanya tentang apakah dia akan menghasilkan lebih banyak keturunan albino? Jika pasangannya juga memiliki gen albinisme, maka akan ada kemungkinan 50 persen bahwa kita akan melihat lebih banyak lumba-lumba merah muda bermunculan.  (sumber : Discovery)

Check Also

Jerawat Lari Dilawan dengan 5 Bahan Ampuh Ini

Edupost.id – Bagi sebagian orang, jerawat sering menjadi musuh menyebalkan, terutama bagi kaum wanita. Jerawat …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *