Selasa , 12 Desember 2017
Home / Sainstek / Manfaat Susu Kefir yang Belum Banyak Diketahui
susu-Kefir
Susu Kefir (foto: realfoodcarolyn)

Manfaat Susu Kefir yang Belum Banyak Diketahui

Edupost.id – Susu kefir merupakan susu fermentasi yang mampu memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh dan kecantikan. Seperti yang dilansir Authoritynutrition, ada sembilan manfaat susu kefir yang belum banyak diketahui.

1. Kaya Nutrisi

Kefir dibuat dari susu sapi atau kambing. Kefir Grains, yang mengandung sekitar 40 jenis bakteri (beneficial bacteria) serta ragi (yeast) yang bermanfaat. Setiap 175 ml susu kefir mengandung protein 6 gram, kalsium 20% dari RDA, Phosphorus 20% dari RDA, Vitamin B12: 14% dari RDA, Riboflavin (B2): 19% dari RDA, Magnesium: 5% dari RDA, dan Vitamin D. Selain itu, susu kefir mengandung 100 kalori.

2. Lebih bagus daripada yogurt

Kefir lebih kaya probiotik daripada yogurt. Kefir mengandung 30 mikroorganisme berbeda yang membuat kaya probiotik saat proses fermentasi.

3. Anti bakteri

Kefir dipercata mampu melawan infeksi. Hal itu termasuk probiotik laktobasilus kefir yang cukup unik. Sebuah studi membuktikan bahwa probiotik dapat menghambat perkembangan bakteri termasuk Salmonella, Helicobacter Pylori dan E. coli.

4. Mencegah Osteoporosis

Kefir mengandung vitamin K2 yang berperan sebagai pusat metabolisme kalsium dan suplemen yang dapat mengurangi resiko pengapuran sendi.

5. Mampu melawan kanker

Produk susu fermentasi memiliki kandungan probiotik yang dipercaya mampu mengurangi pertumbuhan sel tumor. Sebuah studi membuktikan, kefir mampu mengurangi angka sel kanker payudara 56% yang 14% hanya dari yogurt biasa.

6. Dapat dikonsumsi orang yang tidak kuat laktosa (susu)

Bakteri asam laktat dari fermentasi produk susu (kefir dan yogurt) merubah laktosa menjadi asam laktat dengan kadar yang lebih rendah daripada laktosa dalam susu.

7. Mengobati gejala alergi dan asma

Seseorang yang memiliki sistem imun yang sensitif, rentan terhadap alergi yang dapat menimbulkan asma. Susu kefir dipercaya mampu mengobati gejala alergi dan asma. (Nisa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *