Jumat , 31 Maret 2017
Home / Sainstek / Oppenheimer, Penemu Bom Atom yang Menginginkan Perdamaian
robert-oppenheimer
Robert Oppenheimer. foto dok. photobucket

Oppenheimer, Penemu Bom Atom yang Menginginkan Perdamaian

Edupost.ID – Masih ingat kisah serangan bom atom AS di Hiroshima dan Nagasaki? Waktu itu akhir tahun 1945, perang dunia ke-2 sedang berkecamuk. Sebanyak 140.000 orang di Hiroshima dan 80.000 di Nagasaki tewas. Setelah itu ribuan orang dilaporkan luka, tewas atau sakit yang berhubungan dengan radiasi yang diakibatkan bom atom.

Tanggal 22 April merupakan tanggal lahir Robert Oppenheimer. Dia adalah orang yang menemukan bom atom. Ahli fisika dari AS ini melakukan penelitian mengenai pemecahan dan pelepasan energi atom yang ternyata menghasilkan energi raksasa. Penelitiannya dilakukan sebelum Perang Dunia II.

Oppenheimer dipercaya sebagai ketua Proyek Manhattan. Tugasnya memproduksi bom atom pertama. Ia tidak mengetahui bahwa penemuannya akan digunakan untuk memusnahkan massa.

Setelah bom atom itu digunakan AS untuk mengebom Jepang di tahun 1945, Oppenheimer menyesali pekerjaannya dan menyerukan agar energi atom digunakan untuk kepentingan damai.

Sangat disayangkan. Karena penyesalannya itu, Oppenheimer dipertanyakan kesetiaan dan kredibilitasnya. Ia disidang dan kemudian dilepas dari jabatannya sebagai penasihat pemerintah di bidang keamanan. (Nurfi)

Check Also

lomba karya tulis internasional

Lomba Karya Tulis Internasional bagi Anak-anak dan Remaja

Edupost.id – Lomba Karya Tulis Internasional bagi Anak-anak dan Remaja ini diadakan oleh Departemen Pengembangan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *