Jumat , 26 Mei 2017
Home / Sainstek / Rayap, Hewan yang Merusak Bangunan, tapi Kita Butuhkan

Rayap, Hewan yang Merusak Bangunan, tapi Kita Butuhkan

Edupost.id – Semua orang pasti merasa terganggu dengan kehadiran rayap di rumah atau bangunan. Terlebih, bila barang kesayangan berupa buku, lemari dan sebagainya menjadi hancur dirusak makhluk ini. Namun, Tuhan tidak menciptakan sesuatu tanpa ada manfaatnya, begitupula kehadiran hewan ini.

Hal tersebut telah dikemukakan peneliti IPB, Guru Besar Fakultas Kehutanan Institut Pertanian Bogor (IPB) Prof.Dr Dodi Nandika saat dialog pakar di RRI Bogor belum lama ini.

Dodi mengumpamakan rayap seperti tamu tak diundang. Rayap datang tanpa tanda, tanpa suara, langsung menyerang bangunan, tiba-tiba bangunan ambruk. Itu sebuah gambaran dari Dodi betapa dahsyatnya serangan rayap terhadap bangunan.

“Kami menduga pada tahun ini, kerugian secara ekonomis akibat serangan rayap pada bangunan rumah di Indonesia sebesar 8,68 triliun rupiah. Sedangkan pada bangunan gedung lainnya sebesar 10 triliun rupiah,” terang Dodi.

Dodi menuturkan, rayap kerap menyusup masuk ke dalam rumah atau bangunan gedung, lalu merusak berbagai komponen bangunan yang terbuat dari kayu. Bahkan mereka juga sering merusak benda-benda berharga yang ada di dalamnya.

Ia menyebutkan, rayap yang hidup di bumi ini terdiri dari 2.000 spesies, namun hanya kurang dari 100 spesies yang berperan sebagai hama.

Dodi menekankan, di balik keganasannya, rayap merupakan sahabat manusia. Mereka berperan sebagai pengurai (decomposer) yang merombak dan mendaur ulang sampah organik, tunggak pohon, serasah, dan bahan organik lainnya menjadi partikel-partikel an-organik seperti karbon, nitrogen, sulfur, dan fosfor.

Rayap, lanjut Dodi, bukan hanya berperan mengolah sampah organik yang dimusnahkan tetapi juga membuat tanah jadi kaya kandungan hara. Mereka mengembalikan nutrisi organik ke dalam tanah. Karena itu, rayap sering disebut sebagai penyubur tanah. (Ulfa)

Check Also

UGM Buka Ajang Bisnis Pemuda ASEAN, AYSPP 2017

UGM Buka AYSPP, Ajang Bisnis Pemuda ASEAN

Edupost.id – Kompetisi bertaraf internasional, ASEAN Youth Socialprenuership Program (AYSPP) yang digelar Universitas Gadjah Mada (UGM) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *