Sabtu , 23 September 2017
Home / Sainstek / Reptil Bisa Ganti-ganti Kelamin, Ini Rahasianya
Rahasia Reptil Bisa Ganti-ganti Kelamin
Rahasia Reptil Bisa Ganti-ganti Kelamin (the spruce doc.)

Reptil Bisa Ganti-ganti Kelamin, Ini Rahasianya

Edupost.id – Pada sejumlah spesies reptil, perubahan suhu dapat menyebabkan pergantian jenis kelamin. Hal itu terungkap berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh para peneliti Australia terhadap telur kadal naga berjanggut (bearded dragon).

Untuk pertama kalinya, tim peneliti yang dipimpin Universitas Canberra mengidentifikasikan tanda molekul yang sensitif pada suhu dalam keluarga gen yang mengendalikan ekspresi gen-gen lainnya.

Penulis utama penelitian ini yang juga ilmuwan CSIRO Dr Clare Holleley kepada ABC menjelaskan penemuan tersebut dapat memicu pendekatan baru untuk memahami pemilihan jenis kelamin pada hewan. Dengan hanya perubahan suhu menjadi 32 derajat celcius atau lebih, janin reptil dalam telur dapat berubah dari jantan menjadi betina.

Jenis mekanisme yang sama ditemukan pada buaya dan kura-kura. “Kami pikir hal ini mungkin beroperasi di semua jenis reptil,” kata Dr Holleley seperti dilansir Australia Plus ABC.

Para ilmuwan telah berupaya menemukan bagaimana pergantian jenis kelamin terjadi lebih dari 50 tahun. “Kami sudah lama mengetahui bahwa jika Anda menetaskan telur reptil pada suhu yang berbeda, Anda mulai mempengaruhi rasio jantan dan betina,” pungkas Dr Holleley.

“Sampai sekarang kita tidak pernah benar-benar mengerti bagaimana proses itu terjadi,” ujarnya.

Penelitian yang dipublikasikan di jurnal Science Advances ini, akan memungkinkan para ilmuwan memahami spesies mana yang memiliki risiko kepunahan lebih besar akibat pemanasan global. “Perubahan iklim adalah hal yang sangat penting bagi seekor reptil yang menentukan jenis kelamin dengan suhu,” ungkap Dr Holleley. (IK-SS)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *