Rabu , 18 Oktober 2017
Home / Sainstek / Satelit Lapan-IPB Diluncurkan Hari Ini di India
Satelit-Lapan-IPB-Diluncurkan-Hari-Ini-di-India
Satelit Lapan-IPB. (Foto: ipb)

Satelit Lapan-IPB Diluncurkan Hari Ini di India

Edupost.id – Satelit Lapan-IPB/Lapan-A3 siap diluncurkan di Pusat Antariksa Satish Dhawan Space Center SHAR, Sriharikota, India, (22/6). Peluncuran dijadwalkan pukul 10.55 WIB atau 03.55 UTC. Satelit ini merupakan bentuk kerjasama antara Institut Pertanian Bogor (IPB) dengan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan).

“Satelit Lapan memiliki fungsi utama melakukan pemantauan lahan pertanian pangan Indonesia melalui pencitra pushbroom empat kanal multispketral (red, green, blue, dan near-infrared). Dengan resolusi 18 meter, lebar cakupan 108 km dan kamera visible,” ujar Kepala Biro Hukum, Promosi dan Humas IPB, Yatri Indah Kusumastuti, kepada Edupost.id, (22/6).

Kameranya, tambah Yatri, beresolusi tinggi berteknologi Automatic Identification System (AIS) untuk memantau lalu lintas laut global. Jiika Lapan-A2 mengorbit bumi di sekitar khatulistiwa, Lapan-A3/Lapan-IPB mengorbit bumi melintasi kutub utara dan kutub selatan (orbit polar). Sehingga dapat melengkapi data pantauan lalu lintas kapal laut dari satelit. Misi ilmiah satelit yaitu untuk mengukur medan magnet bumi.

Pendapat serupa juga disampaikan staf Humas IPB, Waluyo. “Pengembangan satelit ini juga merupakan upaya mewujudkan pembangunan keunggulan kompetitif perekonomian. Teknologi satelit akan mendukung akurasi data dalam perencanaan masa tanam lahan persawahan yang akan berimplikasi langsung pada peningkatan ketahanan pangan,” jelasnya.

Baca Juga: Mahasiswa IPB Teliti Blue Carbon dengan Metode Akustik

Selanjutnya, melalui akun resmi Line, BEM KM IPB mengabarkan bahwa peluncuran dapat di saksikan langsung melalui live streaming. Situs peluncurannya yaitu http://webcast.gov.in/live/ dan http://www.ddindia.gov.in/DDNational/Pages/Default.aspx. (Nisa)

Check Also

Tim IPB Ciptakan Hidrogel Penutup Luka dari Kelapa Sawit

Tim IPB Ciptakan Hidrogel Penutup Luka dari Kelapa Sawit

Edupost.id – Selama ini produksi minyak sawit di Indonesia masih menyisakan tandan kosong kelapa sawit …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *