Sabtu , 22 Juli 2017
Home / Sainstek / Sebuah Meteor Melintasi Langit Thailand di Siang Hari

Sebuah Meteor Melintasi Langit Thailand di Siang Hari

Edupost.ID – Sebuah kamera mobil di Bangkok, Thailand berhasil menangkap kejadian saat bola api bercahaya yang diduga meteor melintasi langit Thailand pada Senin siang, dan pemandangan ini juga terlihat di negara lain.

“Ini terjadi di tengah hari saat langit biru dan terlihat disana ada cahaya yang turun dengan cepat,” kata Porjai Jaturongkhakun yang merekam kejadian tersebut, saat itu ia sedang mengendarai mobil.

“Saya biasanya melihat bintang jatuh di malam hari tapi sebelumnya saya belum pernah melihatnya di siang hari,” kata insinyur satelit 30 tahun, seperti dilansir Discovery.

Porjai adalah salah satu dari warga Thailand yang berhasil menangkap kejadian ini pada kamera dashboard mobilnya.

“Itu adalah meteor, pasti, saya yakin, karena itu cepat dan sangat terang”, Voravit Tanvuttibundit, penasihat National Astronomical Research Institute of Thailand.

Apa yang sering kita sebut sebagai “bintang jatuh” atau meteor ini adalah benda kecil yang masuk kedalam atsmosfer bumi lalu terbakar akibat saling bergesekan sekitar 60 kilometer (37 mil) per detik. Terkadang meteor ini memiliki ukuran yang lebih besar.

Pada bulan Oktober tahun 2013 lalu, di Rusia terjadi peristiwa meteor yang meledak di atas Ural dengan berat 10.000 ton, dan melukai lebih dari 1.000 orang.

Kekuatan ledakan meteor itu setara dengan 30 bom nuklir yang dijatuhkan di kota Hiroshima, Jepang pada Perang Dunia II. (Iyes)

Check Also

Guru garis Depan

SK CPNS Guru Garis Depan Telah Resmi Ditetapkan

Edupost.id – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah resmi menetapkan Surat Keputusan (SK) bagi 2.806 Guru …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *