Minggu , 11 Desember 2016
Home / Sainstek / Sembilan Jenis Tumbuhan Aneh dan langka di Dunia
Sembilan Jenis Tumbuhan Aneh dan langka di Dunia
Sembilan Jenis Tumbuhan Aneh dan langka di Dunia (foto : Scienceday)

Sembilan Jenis Tumbuhan Aneh dan langka di Dunia

Edupost.iD- Tumbuhan langka merupakan tumbuhan yang jarang ditemui dan bahkan baru di kenal oleh dunia, seperti tumbuhan langka di Indonesia yaitu Raflesia Arnoldii yang hanya tumbuh di kepulauan Indonesia. Tumbuhan dengan bentuk aneh dan hanya mempunyai satu jenis, dapat dikategorikan sebagai tumbuhan atau flora langka.

Serupa dengan keberadaan hewan purba, tumbuhan langka juga dapat membantu para ilmuwan menyikapi keidupan lampau. Namun, tumbuhan lebih lama hidup dan berkembang di bandingkan jenis hewan. Berikut delapan jenis tumbuhan langka dan unik dilansir dari Floraday.com.

  1. Rafflesia Arnoldi

Serupa dengan Amorphophallus Titanum, Rafflesia juga merupakan tanaman endemik yang terkenal karna ukuran bunga yang besar, bahkan hanya tumbuh di jaringan merata di dunia. Rafflesia pertama kali ditemukan tahun 1818 di hutan tropis Bengkulu, sumatera. Penemuan tumbuhan ini dikenal dengan sebutan The Land of Rafflessia.

  1. Pohon Dinamit

Sepintas tanaman jenis ini terlihat mengerikan, denga batang yang dipenuhi duri dan getah beracun. Pohon ini berasal dari hutan tropis Amazon, dan dikenal dengan sebutan kotak pasir. Getah dari tumbuhan ini dapat di fungsikan sebagai racun anak panah untuk berburu.

  1. Kantong Semar

Sesuai dengan namanya, tumbuhan ini mempunyai kantong yang berisi cairan. Fungsi dari cairan tersebut untuk menjebak serangga dan mencernanya, kantong semar merupakan tumbuhan yang bersifat karnivora.

  1. Rumput menari

Codariocalyx motorius atau rumput menari, mearupakan sejenis tanaman dari Asia. Tanaman ini mudah tumbuh, dan daun akan menari ketika banyak sinar matahari atau dalam kering.  Sebagian orang menyebut tanaman ini dengan sebutan menari, dikarenakan gerakan daunnya seperti tarian hula-hula dari hawai.

  1. Tanaman Bola Baseball (Euhorbia Obesa)

Tanaman yang merupakan endemik di daerah Great Karoo Afrika Selatan,  sekilas tanaman ini tampak seperti bola yang sempurna. Tanaman ini memiliki diameter 6 cm untuk yang muda, tetapi dapat mencapai 15 cm untuk usia tumbuhan yang tua. Tanaman ini berisi sebuah rsevoir air untuk mengatasi musim kering, namun saat ini populasinya rusak berat akibat penanaman liar.

  1. Silver Torch kaktus

Tanaman ini merupakan jenis tanaman kaktus, namun berbeda dengan jenis kaktus lainnya. Kaktus ini kebih menyukai tempat dingin. Diketahui kaktus ini tumbuh di puncak pegunungan Argentina dan Bolivia, dengan suhu kurang dari 10 derajat celcius dan akan berbunga saat msim hujan.

  1. Bunga Bibir

Psychotria elata, merupakan nama lain dari bunga bibir yang ditemukan di hutan hujan Amerika Tengah dan Selatan sepeerti Kolombia, ekuador, dan Panama. Keunikan lainnya terdapat pada fungsi menarik dari bentuknya,  yaitu menarik hewan dan serangga agar dapat membantu proses penyerbukan.

  1. Anggrek

Anggrek merupakan tumbuhan epifit (menempel pada tumbuhan lain). Bunga anggrek juga memiliki keunikan tersendiri, ada 6 helaian yang masing-masing memiliki keunikan. Bahkan menjadi kegemaran para wanita di seluruh dunia.

  1. Welwitschia Mirabilis

Tumbuhan yang ditemukan di Namibia ini, merupakan tumbuhan yang paling kuat dan tangguh. Batang tanaman ini kan semakin tebal, tapi tidak tinggi mencapai 2 meter. Usia dari tanaman ini dapat mencapai 15 abad, dan selama 5 tahun tanpa air. (Inan)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *