Minggu , 22 Januari 2017
Home / Sainstek / Sepuluh Makanan Ini Ampuh Cegah Anemia
makanan cegah anemia
Makanan pencegah anemia

Sepuluh Makanan Ini Ampuh Cegah Anemia

Edupost.id – Anemia bukan termasuk penyakit yang berbahaya, namun tetap perlu diwaspadai. Jika anda terkena anemia, aktivitas pekerjaan anda mungkin akan terganggu akibat efek dari gejala anemia. Seperti dilansir dari Healthunlock, untuk mencegah penyakit ini, ada sepuluh makanan yang dapat dikonsumsi.

1. Apel
Apel juga dikenal membantu meningkatkan kadar zat besi dalam tubuh. Vitamin C dalam apel membantu tubuh untuk menyerap non heme-iron. Apel juga mengandung 0,12 mg zat besi per 100 gram. Kurma juga mengandung jumlah tinggi zat besi dan sangat berguna untuk melawan anemia. Makan sebuah apel sehari dan sekitar 10 tanggal setiap hari akan membantu untuk melawan anemia.

2. Madu
Madu mengandung sejumlah zat besi yang baik. Anda akan mendapatkan sekitar 0,42 mg zat besi dalam 100 gram madu. Selain itu, madu juga mengandung tembaga dan magnesium yang akan membantu dalam meningkatkan hemoglobin dalam tubuh Anda. Menambahkan satu sendok makan madu ke segelas jus lemon segar di pagi hari dengan perut kosong akan membantu dalam efektif memerangi anemia.

3. Bayam
Bayam merupakan sumber yang kaya kalsium, Vitamin A, B9, E dan C, zat besi, serat dan beta karoten. Hal ini menemukan bahwa setengah cangkir bayam rebus mengandung 3,2 mg besi dan ini menyumbang sekitar 20 persen dari kebutuhan zat besi untuk tubuh wanita.

4. Bit
Bit dikenal sangat efektif dalam memerangi anemia. Bit akan membantu memperbaiki dan mengaktifkan kembali sel-sel darah merah. Setelah sel-sel darah merah diaktifkan, suplai oksigen ke seluruh bagian tubuh meningkat.

5. Daging Merah
Jantung, ginjal, dan hati dari daging merah adalah bagian-bagian yang mengandung jumlah zat besi yang tinggi. Ini juga merupakan sumber besar Vitamin B12.

6. Selai kacang
Selai kacang merupakan sumber yang kaya zat besi. Cobalah untuk memasukkan selai kacang dalam diet harian anda. Dua sendok makan selai kacang mengandung 0,6 mg zat besi.

7. Tomat
Vitamin C merupakan bahan utama dalam tomat dan juga lycopene. Vitamin C dalam tomat membantu dalam penyerapan zat besi. Tomat juga kaya akan beta karoten dan vitamin E dan membantu dalam pendingin alami dari rambut dan kulit.

8. Telur
Telur merupakan sumber yang kaya protein dan mengandung banyak antioksidan. Sebuah telur dengan ukuran besar mengandung 1 mg zat besi. Konsumsi telur setiap hari akan membantu dalam pertempuran anemia.

9. Delima
Salah satu buah populer yang mengandung sumber yang kaya zat besi dan vitamin C yaitu buah delima. Selain itu juga membantu dalam meningkatkan aliran darah dalam tubuh anda.

10. Kacang-kacangan
Kacang adalah sumber zat besi dan vitamin. Kedelai dianggap kacang yang mengandung kadar besi yang tinggi. Kedelai merupakan makanan yang rendah lemak dan mengandung protein tinggi untuk melawan anemia. (Nisa)

Check Also

Antraks Serang Ternak di Kulonprogo, UGM Himbau Masyarakat Tetap Waspada

Antraks Serang Ternak di Kulonprogo, UGM Himbau Masyarakat

Edupost.ID – Dalam beberapa waktu terakhir, masyarakat di wilayah Yogyakarta diresahkan dengan kabar kasus antraks …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *