Rabu , 24 Mei 2017
Home / Sainstek / Setelah 50 Tahun, Bulan Strawberry Terbit Lagi di California
Setelah-50-Tahun-Bulan-Strawberry-Terbit-Lagi-di-California
Bulan Purnama Terbit di Belakang Observatorium Lick di California. (Foto: NG)

Setelah 50 Tahun, Bulan Strawberry Terbit Lagi di California

Edupost.id – Hampir dalam beberapa dekade terakhir atau lebih dari 50 tahun, bulan purnama atau biasa disebut bulan strawberry, terbit bersamaan dengan titik balik matahari untuk kali pertamanya sejak tahun 1948. Fenomena tersebut berlangsung di beberapa kota di California, (20/6).

Nama bulan strawberry diberikan suku Algonquin pada waktu itu sebagai sinyal untuk mengumpulkan buah yang matang. Hal itu sering dikenal sebagai Full Rose Moon di Eropa dan Honey Moon. Tahun ini, bulan memasuki fase ukuran penuh pada pukul 07:02 ET (11:02 UT) pada 20 Juni lalu.

Seperti dilansir National Geographic, bagi penduduk yang tinggal di belahan bumi utara, titik balik matahari pada bulan Juni menyebabkan siang hari lebih panjang daripada malam hari. Pada saat yang sama, sumbu selatan bumi menunjuk jauh dari matahari menandakan awal musim dingin dengan kondisi yang sama.

Baca Juga:  Jangan Lupa Saksikan Gerhana Bulan Sore Ini

Tahun ini, titik balik matahari pada bulan Juni resmi dimulai pukul 18:34 ET (22:34 UT), waktu yang tepat ketika matahari mencapai posisi paling utara di langit. Kota yang dapat melihat fenomena tersebut, sudah pasti dihiasi dengan cahaya bulan sepanjang malam. (Nisa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *