Rabu , 29 Maret 2017
Home / Sainstek / Si Hidung Botol Ternyata Dapat Bercermin

Si Hidung Botol Ternyata Dapat Bercermin

Edupost.id – Lumba – lumba si hidung botol ternyata memiliki kecerdasan yang memukau. Hewan laut ini ternyata mampu mengenali dirinya sendiri di cermin. Para ilmuwan menggunakan “uji cermin” sebagai sarana penting dalam menyelidiki konsepsi hewan terhadap diri mereka sendiri.

Lori Marina ahli biologi perilaku dan ilmu saraf dari Universitas Emory, Atlanta Amerika Serikat bersama rekannya Diana Reiss dari laboratorium kelautan New York telah membuktikan hal itu. Mereka menemukan bahwa lumba – lumba sangat mengenali diri mereka di cermin. Bahkan, hewan cerdas ini menggunakan cermin untuk mengamati tanda di bagian tubuh yang sulit terlihat tanpa cermin.

Dalam pengujian pengenalan diri melalui cermin ini, Lori dan Diana  membubuhkan tanda-tanda hitam di bagian tubuh hewan yang bisa terlihat langsung oleh hewan itu sendiri. Kemudian, hewan itu dihadapkan ke sebuah cermin. Jika hewan tersebut mencari-cari tanda-tanda itu di cermin, hanya dengan dasar karena ia telah melihatnya secara langsung, maka itu tandanya hewan tersebut dapat mengenali dirinya sendiri.

Otak lumba-lumba berkuran besar, lobus bagian depan yang merupakan daerah pada  otak yang diduga berhubungan terutama kepada kecerdasan, berukuran  lebih besar dari pada manusia.

Lumba-lumba mampu mengenali bahasa isyarat yang digunakan oleh manusia dan dapat mengenali dirinya sendiri di dalam cermin, menunjukkan tingkat kesadaran diri yang sangat jarang terjadi pada hewan dan dianggap sebagai ciri-ciri kecerdasan. (Andi)

Check Also

beasiswa dataprint bagi pelajar dan mahasiswa

Beasiswa Dataprint bagi 400 Pelajar dan Mahasiswa

Edupost.id – Beasiswa Dataprint merupakan program Corporate Social Responsibility (CSR) dari Dataprint. Program yang dilaksanakan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *