Rabu , 25 Januari 2017
Home / Sainstek / Spesies Baru Tokek Daun Ditemukan di Australia
Spesies-Baru-Tokek-Daun-Ditemukan-di-Australia
Spesies Baru Tokek Daun Berkamuflase di Sebatang Pohon. (Foto: NG)

Spesies Baru Tokek Daun Ditemukan di Australia

Edupost.id – Sebuah tim ilmuan dan pembuat film meyusuri hutan hujan berkabut di Cape Melville, Australia beberapa waktu lalu. Sesampainya disana tim berhasil menemukan spesies baru tokek daun yang berkamuflase dibatang pohon dengan sempurna.

Seperti dilansir National Geographic, reptil dan amfibi biasa hidup di Melville Range, pegunungan kecil di Cape Melville, bagian dari Cape York Peninsula timur laut Australia. Tokek itu juga dijuluki Cape Melville leaf-tailed gecko atau altuarius eximius. Tokek daun memiliki mata yang besar sehingga dapat melihat di habitat yang gelap.

Tim berangkat untuk mempelajari hutan hujan dan penduduknya, yang telah banyak diabaikan ilmu pengetahuan. Peneliti Universitas Harvard dan fotografer National Geographic, Tim Laman,  memimpin perjalanan tersebut. Ia juga bekerjasama dengan ahli dalam katak dan reptil Universitas James Cook Australia, Conrad Hoskin untuk ekspedisi yang didanai Dewan Geographic Expeditions Nasional.

“Apa yang benar-benar menarik tentang ekspedisi ini adalah bahwa di tempat seperti Australia, yang orang berpikir cukup baik dieksplorasi, masih ada tempat seperti Cape Melville. Masih ada dunia besar di luar sana untuk dieksplorasi,” ujar Laman.

Sementara itu, Hoskin mengungkapkan ia berlari melalui tumpukan batu untuk mencari tokek. “Aneh tokek ini sedang duduk di pohon menatapku. Aku benar-benar terpesona oleh tokek,” jelasnya. (Nisa)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *