Rabu , 24 Mei 2017
Home / Sainstek / Teknologi Baru Google, Jelajahi Internet Tanpa Menyentuh Layar

Teknologi Baru Google, Jelajahi Internet Tanpa Menyentuh Layar

Edupost.ID – Bagaimana rasanya jika kita menjelajahi internet tanpa menyentuh layar sama sekali? Google belum lama ini memamerkan teknologi baru yang memungkinkan pengguna mengontrol objek di dunia maya hanya dengan memindahkan jari-jari mereka di udara. Pengguna tak perlu menyentuh layar sama sekali, hanya menggerakkan jari-jari saja.

Seperti dilansir businessinsider, proyek ini dinamakan Proyek Soli. Teknologi ini menggunakan gelombang radar untuk mendeteksi gerakan jari. Hasilnya adalah sesuatu yang tampak seperti dalam sebuah film fiksi ilmiah seperti Minority Report atau Her, di mana karakter menggerakkan tangan atau jari-jari mereka di udara.

Google mengawali pameran prototipe teknologi Soli dengan hasil yang mengesankan. Google menunjukkan ketepatan dengan gerakan halus seperti mencubit ibu jari dan telunjuk, atau menggosok mereka secara bersamaan, dapat digunakan untuk mengendalikan segala hal tanpa sama sekali menyentuh layar.

Dalam salah satu demo, pendiri Google Project Soli, Ivan Poupyrev, mencoba menendang bola sepak virtual dengan menjentikkan jarinya di layar. Di tempat lain, ia mengubah jam dengan memutar jarum imajiner dengan jari-jarinya, dan kemudian mengubah menit dengan mengangkat tangannya lebih jauh dari layar dan melakukannya lagi.

Google mengatakan bahwa setelah 10 bulan bekerja, Soli bisa dibuat  dalam satu chip berukuran kecil. Ia memiliki ide bahwa chip kecil ini bisa diaplikasikan ke dalam perangkat elektronik, seperti smartwatches dengan layar sempit. Teknologi Soli juga berperan besar dalam virtual reality, yakni memudahkan orang berinteraksi dengan objek digital yang mereka hadapi di dunia maya. (Iyes)

Check Also

UGM Buka Ajang Bisnis Pemuda ASEAN, AYSPP 2017

UGM Buka AYSPP, Ajang Bisnis Pemuda ASEAN

Edupost.id – Kompetisi bertaraf internasional, ASEAN Youth Socialprenuership Program (AYSPP) yang digelar Universitas Gadjah Mada (UGM) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *