Sabtu , 21 Januari 2017
Home / Sainstek / Ternyata Kuda Laut Jantan Mengandung Bayi-Bayinya
kuda laut jantan hamil
Kuda laut jantan hamil

Ternyata Kuda Laut Jantan Mengandung Bayi-Bayinya

Edupost.id – Tahukah Anda jika ada hewan jantan yang melahirkan anak – anaknya? Hewan itu tidak lain adalah kuda laut. Ia melakukan proses mengandung telur dan melahirkan oleh induk jantannya.

Kuda laut jantan memang mengandung telur dan melahirkan bayi-bayinya. Namun pada dasarnya telur-telurnya tetap dihasilkan oleh kuda laut betina. Kuda laut jantan memiliki kantong perut untuk menyimpan telur-telur yang diletakkan oleh kuda laut betina. Nah, pada saat telur-telur sampai di kantong perut ini, lapisan dalam kantung perut akan dipenuhi oleh pembuluh darah lalu kuda laut jantan akan membuahi telur-telurnya menjadi embrio.

David Attenborough menulis dalam bukunya The Trial of Life, seperti dikutip oleh MD Anisur Rahman dalam bukunya yang berjudul “Einstein aja Baca Quran” menyebutkan, tiga atau empat hari sebelum kawin, tumbuh sebuah kantung di perut si jantan. Lalu, si betina menyemprotkan beberapa ribu telur ke dalam kantong tersebut kurang lebih lima detik. Kemudian si jantan meninggalkan spermanya di kantung tersebut, dan telurpun dibuahi. Dalam waktu kurang lebih dua minggu, si jantan melahirkan lebih dari seribu bayi kuda laut.

Sebelum melahirkan bayi-bayinya, kuda laut jantan menyesuaikan kadar garam dalam kantong perut dengan air laut. Tujuannya, agar pada saat telur-telurnya menetas bayi-bayi kuda laut dapat menyesuaikan dengan lingkungan. (Andi)

Check Also

Menghardik Anak “Nakal” dapat Membuatnya Takut

Edupost.ID- Saat kekesalan sudah memuncak, tidak jarang orang tua menghardik anak dengan mengatakan, “Anak Nakal” …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *