Sabtu , 25 Maret 2017
Home / Sainstek / Tiga Cara Membedakan Smartphone Asli dan Palsu
smartphone android
Smartphone android

Tiga Cara Membedakan Smartphone Asli dan Palsu

Edupost.id – Membeli smartphone bekas atau merk ternama dengan harga murah tentu dapat beresiko. Saat ini, banyak smartphone palsu terutama dengan label merek terkenal. Beberapa ada yang menyebutnya kloning atau premium kopi. Antara yang asli dan palsu, terlihat sama dari segi fisik luarnya. Seperti dilansir Wikihow, ada tiga cara mengetahui smartphone anda asli atau palsu.

1. Cek kualitas

Bandingkan handset yang asli dengan yang palsu. Biasanya kualitas handset yang diberikan smartphone yang asli memiliki kualitas yang baik. Jika memungkinkan, bandingkan keduanya dan rangkumlah perbedaannya. Tidak menjadi jaminan apakah smartphone anda asli atau palsu jika memiliki kualitas yang tinggi.
Kunjungi situs resmi smartphone anda dan periksa material yang digunakan. Seperti material yang digunakan pada merek Samsung, mereka menggunakan kaca. Jika handsetnya terbuat dari plastik, ada kemungkinan milik anda adalah kloning.

2. Cek software

Periksa spesifikasi yang tertera di kotak smartphone anda. Anda dapat menemukan rinciannya di bagian belakang kotak. Bandingkan dengan milik anda dengan melihat ke menu setting, tentang telepon. Jika spesifikasinya tidak sama, ada kemungkinan smartphone anda kloning. Jika kotaknya hilang, maka spesifikasi dapat dilihat melalui online di akun resmi smartphone anda.

Anda juga dapat memeriksa spesifikasi smartphone melalui aplikasi pendukung. Seperti jika anda membandingkan handset, aplikasi pendukung yang dapat diunduh yaitu Antutu Benchmark di Google Play. Logo bertanda merah digunakan sebagai latar belakang. Itu dapat membantu mempercepat perangkat smartphone dan memperlihatkan spesifikasi perangkat smartphone anda.

Memeriksa software smartphone juga dapat membantu membedakan yang asli dan palsu. Jika anda memiliki iPhone, sistem operasi (OS) yang digunakan bukan Java, melainkan Android jika iPhone kloning. Smartphone kloning, tidak dapat menggunakan iOS karena OS tersebut eksklusif dan milik Apple.

3. Verifikasi IMEI dan nomer serial

Jika smartphone anda iPhone, periksalah nomer serial dan dapat diverifikasi melalui situs resminya. Jika sistem memberitahukan ‘Maaf, nomer serial tidak cocok. Silahkan periksa informasi anda dan coba lagi’, berarti iPhone anda palsu. Sementara untuk Android, IMEI dapat ditemukan di belakang handset. Atau juga dapat ditemukan di pengaturan smartphone. (Nisa)

Check Also

fahimudin kholida man 3 bantul

Dua Siswa MAN 3 Bantul Raih Emas World Mathematics Invitational 2017

Edupost.ID – Dua siswa MAN 3 Bantul kembali berprestasi di kancah nasional setelah berhasil meraih …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *