Senin , 23 Oktober 2017
Home / Sainstek / Trojan Berkedok Pokemon Go Serang 6.000 Ponsel Android
Trojan Berkedok Game PokemonGo
Trojan Berkedok Game PokemonGo (foto : tstatic)

Trojan Berkedok Pokemon Go Serang 6.000 Ponsel Android

Edupost.id – Demam Pokemon Go yang melanda seluruh dunia turut ternyata dimanfaatkan para penjahat di dunia maya atau cyber. Belum lama ini mereka menciptakan virus trojan berkedok panduan untuk game Pokemon Go. Virus tersebut telah diunduh sebanyak 500.000 kali dan menyerang setidaknya 6.000 ponsel Android.

Seperti laporan Kaspersky, virus ini beredar di toko aplikasi Android, Google Play Store, dengan menyamarkan diri sebagai software “Guide for Pokemon Go”. Ribuan perangkat yang terinfeksi itu tersebar di beberapa negara, termasuk Rusia, India, dan Indonesia.

Kaspersky menyebutkan, trojan “Guide for Pokemon Go” mampu merebut hak akses root di smartphone Android dan menggunakannya untuk memasang atau menghapus aplikasi serta menampilkan iklan pada ponsel.

“Jika Anda telah terinfeksi, maka akan ada orang lain di dalam ponsel Anda yang memiliki kontrol atas OS juga semua yang Anda lakukan dan yang tersimpan di dalamnya,” ungkap analis Malware Senior Kaspersky, Roman Unuchek.

Bagi pengguna yang perangkatnya telanjur terinfeksi, Kaspersky menyarankan factory reset untuk menghapus trojan. Kaspersky telah melaporkan keberadaan virus “Guide for Pokemon Go” ini ke Google. Program jahat tersebut sekarang telah dihapus dari Play Store. (IK-SS)

Check Also

Pokemon Go Antarkan Ado Juarai Mahasiswa Berprestasi IPB

Pokemon Go Antarkan Ado Juarai Mahasiswa Berprestasi IPB

Edupost.id – Inovasi Pokemon Go ala Muhammad Murtadha Ramadhan telah mengantarkan mahasiswa Institut Pertanian Bogor …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *