Kamis , 23 November 2017
Home / Sainstek / Unik, Bunga Ini Mampu Mengeluarkan Panas
Bunga-hasilkan-panas
Bunga yang bisa menghasilkan panas (foto: wildandfreemontana)

Unik, Bunga Ini Mampu Mengeluarkan Panas

Edupost.id – Ada sebuah bunga di Amerika Utara yang mampu mengeluarkan panas. Seperti yang dilansir dari Northern Wood Lands, Eastern Skunk Cabbage mampu mengeluarkan panas hingga 27-63° F atau setara dengan 15-35° C. Bahkan jika musim dingin tiba, salju yang melekat di bunga ini bisa mencair dengan sendirinya.

Eastern Skunk Cabbage merupakan tanaman asli Amerika Utara bagian timur, dari Nova Scotia dan Quebec selatan barat ke Minnesota dan selatan ke North Carolina dan Tennessee. Tanaman yang dilindungi ini hampir terancam punah di Tennessee. Bunga yang baunya seperti bunga bangkai ini tumbuh dihabitat yang basah seperti rawa, hutan dan bantaran sungai.

Tinggi bunga ini mencapai ¾ inci dengan warna yang yang eksotis. Lebar untuk kelopak bunganya sekitar 3-6 inci. Ketika musim dingin tiba dan es menutup seluruh permukaan tanah, barulah Eastern Skunk Cabbage mulai mengelurakan panas yang mencairkan es di sekeliling bunganya sehingga membentuk lingkaran.

Sebuah penelitian di Ontario selama bulan Maret menemukan bahwa jika suhu udara diluar mencapai 37° F, maka panas yang dikeluarkan oleh bunga mencapai 61° F. Sedangkan saat suhu udara diluar kurang dari 37° F, maka suhu yang akan dikeluarkan bunga agar tidak membeku yaitu 14° F.

Tanaman ini menghasilkan energi dari pati yang terdapat di akar. Selama fase penyerbukan, banyak oksigen yang dikonsumsi olehnya untuk meningkatkan metabolisme dan memproduksi panas ketika musim dingin tiba. Bau tidak sedap yang dikeluarkannya menjadi keuntungantersendiri bagi para serangga.

Proses penyerbukan inilah yang membuat es disekitar bunga mencair dan membentuk lingkaran. Selama proses penyerbukan, beberapa serangga mulai mendekati bunga karena tertarik dengan bau yang dihasilkan oleh bunga tersebut. Beberapa serangga yang tertarik yaitu lebah madu springtails, kumbang, larva kupu-kupu dan lain-lain. (Nisa)

Check Also

bunga-bangkai

Bunga Bangkai Indonesia Ditemukan Tumbuh di Amerika

Edupost.id – Bunga Bangkai adalah tanaman endemik Indonesia yang tumbuh di pulau Sumatera, Kebun Raya …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *