Kamis , 19 Oktober 2017
Home / Sainstek / Welwitschia Mirabilis, Tanaman yang Hidup 2000 Tahun
Welwitschia Mirabilis, Tanaman yang Hidup 2000 Tahun
Welwitschia Mirabilis, Tanaman yang Hidup 2000 Tahun

Welwitschia Mirabilis, Tanaman yang Hidup 2000 Tahun

Edupost.id – Tahukah Anda bahwa saat ini masih ditemukan ada tanaman yang sudah hidup semasa Nabi Muhammad? Tentu saja ada, dan nama tanaman itu adalah Welwitschia Mirabilis. Menurut runut karbon, diduga specimen tertua di dunia berusia lebih dari 2000 tahun, dan untuk rata rata masa hidup diperkirakan mencapai 400 – 1500 tahu.

Tanaman yang hidup di gurun sepanjang pesisir pantai Namibia dan Angola ini ditemukan oleh ahli botani dari Slovenia, Dr. Friderich Welwitsch pada 1859. Beberapa sumber menyebutkan bahwa tanaman ini mampu hidup tanpa hujan selama 5 tahun.

Welwitschia sebenarnya adalah sebuah pohon, walaupun sekilas tidak terlihat seperti pohon. Yang tidak ada duanya, W.mirabilis hanya memiliki dua daun saja sepanjang hidupnya.

Yang unik dari tanaman ini, meskipun hidup di daerah kering, tanaman ini memiliki jumlah stomata yang cukup banyak. Tidak seperti jenis sukulen atau tanaman berhabitat gurun yang memodifikasi daunnya untuk mengecil agar mengurangi penguapan, W.mirabilis justru memiliki daun yang lebar.

Strateginya adalah dengan membuka stomata pada malam hari dimana kabut (fog) melimpah di pesisir pantai tersebut dan menutup rapat pada siang hari. Selain itu, daun yang lebar berfungsi melindungi tanah di bawahnya tetap adem, dimana sang akar tumbuh serta agar kelembaban di bagian bawah tanah tetap terjaga.

Welwitschia Mirabilis memiliki bunga jantan dan betina yang terpisah. Penyerbukan dilakukan serangga yang tertarik dengan madu di dalam bunga. Dari satu tanaman bisa dihasilkan ratusan biji. Namun, diperkirakan dari ratusan biji, peluang hidup hanya 1% akibat kontaminasi A.niger, tidak terbuahi atau karena curah hujan yang tidak memadai. (Andi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *