Rabu , 24 Mei 2017
Home / Seminar / Himakova IPB Gelar Ekspedisi Ilmiah ke Hutan Sumatera
himakova-IPB-ekspedisi-ilmiah
Himakova IPB gelar ekspedisi ilmiah Surili

Himakova IPB Gelar Ekspedisi Ilmiah ke Hutan Sumatera

Edupost.id – Himpunan Mahasiswa Konservasi Sumberdaya Hutan dan Ekowisata (Himakova) IPB menggelar kegiatan ekspedisi ilmiah Studi Konservasi Lingkungan (SURILI) ke hutan Sumatera pada 13-27 Juli mendatang. Kegiatan yang telah diadakan sejak tahun 2003 ini bertujuan untuk mengeksplorasi keanekaragaman hayati, inventarisasi potensi ekowisata, kajian budaya masyarakat lokal serta pemetaan kawasan karst di berbagai kawasan konservasi.

“Kegiatan ekspedisi SURILI 2016 adalah perwujudan bakti nyata mahasiswa untuk menjaga, peduli dan mecintai kekayaan alam Indonesia dengan Menggali Potensi Keanekaragaman Hayati, Ekosistem Karst, dan Pengembangan Ekowisata di SMBRBB, Provinsi Riau,” terang M Rifki, Ketua Pelaksana Ekspedisi SURILI 2016.

Rifki menjelaskan, kegiatan ekspedisi ini telah tercatat dalam Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai ekspedisi terlama dan berkelanjutan. Ia menyebutkan, dalam kegiatan ini peserta ekspedisi terbagi menjadi 3 tim pengkaji, yaitu tim ekologi, tim Sosek dan tim Goa.

Tahun ini, lanjutnya, tim ekspedisi Himakova yang berjumlah 50 orang mahasiswa dan 1 orang dosen pembina akan menyasar Kawasan Suaka Margasatwa Bukit Rimbang-Bukit Baling (SMBRBB), Provinsi Riau.

SMBRBB merupakan dataran kaki Bukit Barisan yang memanjang dari utara ke selatan Pulau Sumatera yang terletak di sebelah barat Provinsi Riau dan berbatasan langsung dengan provinsi Sumatera Barat. Kawasan SMBRBB oleh para ahli harimau juga diklasifikasikan sebagai kawasan prioritas jangka panjang konservasi Harimau Sumatera (Panthera tigris sumatrae).

Kawasan SMBRBB menyimpan berbagai potensi keanekaragaman satwa dan tumbuhan. Tercatat 50 spesies dari kelas mamalia terdapat di SMBRBB, beberapa spesies merupakan spesies yang dilindungi diantaranya harimau sumatera (Panthera tigris sumatrae), harimau dahan (Neofelis nebulosa), tapir (Tapirus indica), siamang (Hylobates syndactylus), simpai (Presbitys melalophos), dan lutung dada putih (Presbitys femoralis).

3 comments

  1. SALAM LESTARI!

  2. Satrio Suryadi N

    Terbaik!!!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *