Selasa , 23 Mei 2017
Home / Uncategorized / Delapan Cara Agar Anak Tumbuh Cerdas

Delapan Cara Agar Anak Tumbuh Cerdas

Edupost.ID – Pertumbuhan otak seorang anak berasal dari pengalaman dan latihan. Penglihatan, suara, sentuhan, rasa dan bau merangsang koneksi sel otak (disebut sinapsis) dan menciptakan triliunan lebih. Semakin kompleks interkoneksi ini, anak anda akan lebih cerdas. Ketika anda memberikan mereka stimulasi dini dan berbagai pengalaman, anda dapat mempercepat pembangunan otaknya. Berikut delapan cara agar anak anda tumbuh cerdas seperti dilansir wikihow.

  1. Berinteraksi dengan anak

Para ilmuwan telah mengamati bahwa bayi yang tidak dipeluk, tidak diajak bermain atau tidak dicintai akan menghambat pertumbuhan otaknya. Mereka juga mengamati bahwa bayi yang tidak diberi perhatian akan gagal untuk tumbuh dan menjadi depresi. Di sisi lain, banyak penelitian telah menunjukkan bahwa memeluk, berinteraksi dan bermain dengan anak akan memberi efek yang kuat pada pengembangan kecerdasannya.

  1. Bicaralah dengan anak

Mendengarkan ketika anak anda sedang berbicara atau membacakan buku-buku untuk mereka akan membantu mereka dalam mengembangkan kemampuan bahasa. Membaca buku merupakan salah satu kegiatan paling penting yang membuat anak cerdas.

  1. Mengasah otak

Carilah hal-hal yang dapat mengembangkan kedua sisi otak anak, seperti fungsi sisi kiri untuk penalaran, logika, dan bahasa. Sementara sisi kanan untuk kreativitas dan seni.

  1. Biarkan anak anda bermain

Anak akan belajar saat mereka bermain. Belajar dan bersenang-senang pada saat yang sama adalah cara terbaik bagi anak anda untuk belajar. Ketika anak anda bermain, mereka akan menciptakan dasar keterampilan intelektual, sosial, fisik dan emosional mereka. Selain itu, ketika mereka bermain dengan anak-anak lain, mereka belajar untuk menggabungkan ide-ide, kesan dan perasaan.

  1. Berolahraga

Dorong anak anda untuk berolahraga. Latihan fisik tidak hanya membuat anak anda kuat, tetapi juga membuat anak anda cerdas dan dapat meningkatkan aliran darah ke otak serta akan membangun sel-sel otak baru. Berolahraga baik untuk ketajaman mental.

  1. Mendengarkan musik

Penelitian telah menunjukkan bahwa mendengarkan musik dapat meningkatkan memori, perhatian, motivasi, dan belajar. Hal ini juga dapat menurunkan stres yang merusak otak anak anda. Belajar untuk memainkan alat musik memiliki efek pada pemikiran proporsional otak dan penalaran spasial-temporal yang meletakkan dasar untuk matematika abstrak.

  1. Memberi makan yang tepat

Pemberian makanan yang tepat adalah penting. Seperti, pemberian vitamin, mineral dan karbohidrat. Karbohidrat akan memberikan otak bahan bakar dalam proses berpikir. Tetapi, karbohidrat olahan dan gula yang berlebih memiliki efek buruk pada fokus kemampuan, dan tingkat aktivitas.

  1. Memberi mereka motivasi

Beri mereka motivasi bahwa dengan praktek dan kerja keras mereka akan dapat meraih tujuan mereka. (Iyas)

 

Check Also

UGM Buka Ajang Bisnis Pemuda ASEAN, AYSPP 2017

UGM Buka AYSPP, Ajang Bisnis Pemuda ASEAN

Edupost.id – Kompetisi bertaraf internasional, ASEAN Youth Socialprenuership Program (AYSPP) yang digelar Universitas Gadjah Mada (UGM) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *