Rabu , 26 Juli 2017
Home / Uncategorized / Mahasiswa UNY Mengolah Gayam Jadi Sereal Lezat untuk Sarapan

Mahasiswa UNY Mengolah Gayam Jadi Sereal Lezat untuk Sarapan

YOGYAKARTA – Gaya hidup kini yang menghendaki segala sesuatunya dikerjakan dengan waktu sesingkat mungkin, menjadikan pola makan dan menu sarapan beralih ke serba instan seperti sereal. Hal ini mendasari tim mahasiswa FMIPA UNY mengolah sereal dari biji gayam.

Selama ini, sereal terbuat dari jagung, gandum, atau beras. Namun, tim UNY ini mencoba alternatif lain dengan memanfaatkan tanaman gayam yang kian langka namun memiliki asupan gizi yang baik bagi sistem pencernaan.

Tim itu terdiri dari Lailatul Fitriyah dan Dwi Nugrohowati, Felita Aprilla Zora, Mariana Ramelan serta Niken Ambar Pratiwi.

“Biji gayam mengandung karbohidrat yang tinggi sehingga dapat menggantikan peran nasi sebagai makanan pokok,” tutur Lailatul Fitriyah. Gayam juga memiliki kandungan zat antioksidan untuk kekebalan tubuh dan tanin, senyawa yang membantu usus lebih cepat menyerap sari makanan.

Felita Aprilla Zora menuturkan, membuat sereal gayam cukup sederhana. “Sediakan saja tepung gayam, tepung terigu, tepung maizena, margarin, kuning telur, gula halus, cokelat bubuk, choco chip, pengembang dan vanili sebagai bahannya,” ungkap Felita.

Cara membuat tepung gayam yaitu buah gayam dipilah kemudian dikupas dan diambil bijinya, kemudian dicuci bersih. Setelah itu, biji gayam dijemur hingga kering lalu digiling menjadi tepung. Sedangkan, cara membuat sereal gayam, bahan berupa tepung gayam, tepung terigu dan coklat bubuk dicampur. Sementara itu, margarin dan gula halus dikocok sampai lembut, lalu masukkan kuning telur satu persatu sambil terus dikocok dengan mixer.

Langkah berikutnya, masukkan campuran tepung, coklat bubuk, dan pengembang sedikit demi sedikit hingga semua  tercampur. Adonan lalu dikocok sampai  kalis dan dapat dibentuk. Kemudian adonan dicetak sesuai selera dan hias dengan choco chip. Letakkan dalam loyang yang sudah diolesi dengan margarin. Panggang dalam oven selama 15 menit kemudian angkat dan dinginkan. Sereal gayam siap dihidangkan. (UNY/IK-SS)

Check Also

Guru garis Depan

SK CPNS Guru Garis Depan Telah Resmi Ditetapkan

Edupost.id – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah resmi menetapkan Surat Keputusan (SK) bagi 2.806 Guru …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *