Senin , 24 Juli 2017
Home / Berita Pendidikan / Tahun 2017 UN diganti USBN, Semua Mapel akan Diujikan
Ujian Nasional Sekolah Dasar. foto : ANT

Tahun 2017 UN diganti USBN, Semua Mapel akan Diujikan

Edupost.ID – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy akan memberlakukan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) pada tahun 2017.. USBN ini berfungsi sebagai metode evaluasi capaian belajar siswa menggantikan UN. 

“Berdasarkan data dan kajian, kami berkeyakinan moratorium UN harus dilaksanakan, ujar Muhadjir.

USBN akan diselenggarakan oleh setiap satuan pendidikan/ sekolah dengan mengacu pada standar nasional. Nantinya kelulusan siswa akan ditentukan oleh tiap- tiap sekolah dengan standar nasional yang ditetapkan pemerintah pusat.

Standar tersebut merupakan hasil kajian yang telah disesuaikan dengan hasil pemetaan yang diperoleh dari UN di tahun- tahun sebelumnya. Melalui moratorium UN dan mengalihkannya ke USBN, Kemendikbud berupaya membangun sebuah sistem dan instrumen sertifikasi capaian pembelajaran yang kredibel dan reliabel.

Keputusan mengganti UN dengan USBN menurut mendikbud karena selama ini UN cenderung membawa proses belajar ke orientasi yang tidak tepat. Mendikbud menilai, ada kecenderungan sekolah mengesampingkan atau mereduksi hakekat pendidikan, yaitu membangun karakter, perilaku dan kompetensi.

Sekolah cenderung hanya terfokus pada mata pelajaran yang diberikan pada UN, kurang memperhatikan mata pelajaran lainnya. Bahkan beberapa guru yang mengampu mata pelajaran bukan mata pelajaran UN merasa tidak diapresiasi baik oleh sekolah maupun peserta didik. Untuk itu, pada USBN juga akan diujikan mata pelajaran lain yang tidak diujikan dalam UN.

Ditambahkannya, fokus berlebihan pada UN akan menjauhkan dari proses pembelajaran yang mendorong siswa berpikir kritis, analitis. Dicontohkannya, sebagai proses evaluasi yang bersifat massal, sampai saat ini bentuk instrumen UN adalah pilihan ganda.

Hal tersebut kurang sesuai dengan upaya pemerintah untuk menghadirkan generasi yang memiliki keterampilan abad 21. Oleh karenanya, soal dalam bentuk esay akan menjadi salah satu bentuk soal USBN, selain pilihan ganda. (Andi/kemdikbud)

Check Also

ujian nasional

Posko UN Kemendikbud Terima 17 Pengaduan

Edupost.id – Ujian Nasional (UN) tingkat sekolah menengah atas (SMA) dan madrasah aliyah (MA) tahun ini …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *