Jumat , 21 Februari 2020
Home / Berita Pendidikan / Ini Penjelasan Mendikbud Soal Gangguan Server UNBK SMP
UNBK 2016
Siswa sedang mengikuti UNBK 2016 tingkat SMA (foto: Nisa Edupost)

Ini Penjelasan Mendikbud Soal Gangguan Server UNBK SMP

Edupost.id – Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) SMP tahun ini diwarnai kendala gangguan server. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy mengatakan, gangguan server yang terjadi disebabkan karena kelebihan kapasitas.

“Kapasitasnya sangat over load karena tahun ini kan terjadi lonjakan peserta UN dari 32 persen tahun lalu menjadi 63 persen tahun ini,” kata Mendikbud di Yogyakarta.

Kendati demikian, Muhadjir mengatakan, bahwa kendala gangguan server yang dialami sejumlah SMP pada pelaksanan UNBK hari pertama tersebut langsung ditangani. Pada hari pertama server cadangan dibuka dan sebagian sekolah dialihkan ke server cadangan tersebut.

Gangguan itu kata Muhadjir, paling lama hanya terjadi paling lama satu jam. Sehingga pelaksanaan UNBK akhirnya dapat dilaksanakan dengan baik.

“Hari kedua sudah tidak ada karena server cadangan langsung kita buka saja,” kata Muhadjir.

Secara nasional, UNBK SMP tahun ini diikuti oleh 63 persen sekolah. Jumlah ini meningkat dari tahun sebelumnya yang hanya 32 persen. Untuk tahun depan, Kemendikbud menargetkan akan ada 80 persen SMP yang melaksanakan UNBK. (Andi)

Check Also

Soal UN beredar di Medsos

Soal UNBK SMP Beredar di Line, Bagaimana Bisa?

Edupost.id – Soal Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) jenjang SMP dilaporkan sempat beredar di media …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *